Sukses

5 Masker DIY untuk Mengembalikan Kesehatan Rambut Rusak Akibat Diwarnai

Masker menjaga rambut tetap terhidrasi untuk waktu yang lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta Kondisioner memang bagus untuk perawatan rambut, namun menggunakan masker rambut akan semakin memperindah rambut.

Masker menjaga rambut tetap terhidrasi untuk waktu yang lebih lama. Semua kerusakan yang dialami rambut Anda membutuhkan satu dosis nutrisi.

Berhubung bagi beberapa orang lebih percaya pada masker rambut buatan sendiri yang merupakan ramuan bahan-bahan alami, berikut ini beberapa tips untuk Anda, dilansir dari TimesofIndia.

1. Masker Kelapa

Rambut yang dapat rusak akibat alat panas hingga polusi, membutuhkan nutrisi dan vitamin. Yang perlu Anda lakukan yaitu mencampurkan satu sendok makan minyak kelapa dan minyak zaitun dalam mangkuk.

Tambahkan 3-4 tetes minyak vitamin A dan E ke dalam mangkuk yang sama dan aduk semuanya. Setelah masker siap, aplikasikan ke sepanjang rambut Anda sambil menghindari kulit kepala Anda. Biarkan selama 30 menit lagi dan kemudian bilas.

2. Masker yogurt madu

Masker ini cocok untuk semua jenis rambut. Caranya, campurkan dua sendok makan yogurt, satu sendok makan madu hangat, dan satu sendok makan minyak zaitun.

Campur semuanya dengan baik dan aplikasikan pada rambut Anda dari ujung ke kulit kepala Anda. Pijat dengan baik dan biarkan selama 30-45 menit, baru kemudian dibilas.

3. Masker alpukat dan oatmeal

Masker DIY ini adalah cara yang bagus untuk melembabkan dan memperkuat rambut Anda. Campurkan satu buah alpukat matang kecil dengan satu sendok makan sari apel, satu sendok makan oatmeal dan satu sendok makan agave dalam mangkuk.

Haluskan semuanya dengan baik dan tambahkan satu hingga dua sendok makan yogurt kelapa untuk mendapatkan ketebalan sesuai kebutuhan (tergantung seberapa tebal dan panjang rambut Anda). Oleskan masker rambut ini pada rambut basah, dimulai dari kulit kepala dan teruskan ke ujung rambut Anda. Biarkan selama 20-30 menit sebelum Anda membilasnya.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Masker madu

Madu alami mengandung berbagai manfaat yang dapat membuat rambut panjang berkilau. Untuk masker rambut buatan sendiri ini, Anda perlu mengambil tiga sendok makan madu dalam mangkuk berisi air hangat, parut satu bawang bombai ke dalamnya dan aduk ke dalam madu leleh.

Sekarang, oleskan masker ini ke kulit kepala Anda dan biarkan bekerja selama satu jam sebelum Anda mencucinya dengan sampo dan kondisioner.

5. Masker kelapa pelembab

Santan dan minyak zaitun sangat cocok untuk melembutkan dan mengondisikan rambut Anda. Campur 1/4 cangkir santan dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun.

Sisirkan masker ini hingga merata di setiap helai rambut, terutama ujungnya. Bungkus kepala Anda dengan handuk hangat selama 20 menit dan kemudian cuci rambut Anda seperti biasa.

3 dari 3 halaman

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.