Sukses

Bercocok Tanamlah di Sekitar dan Rasakan Manfaat Besarnya

Memiliki tanaman di rumah tidak hanya cantik namun ternyata memiliki segudang manfaat loh. Kira-kira apa saja ya manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tanaman dapat mencerahkan seluruh ruangan di dalam rumah Anda. Terkadang hanya perlu sedikit keindahan untuk mencerahkan hari dengan bunga untuk membuat merasa lebih baik.

Tanaman dapat memberi Anda kedamaian, kecerdasan dan kenyamanan saat sangat membutuhkannya. Ketika Anda benar mengalami kecemasan yang parah, depresi atau gangguan emosi maka tanaman dapat membuat merasa bahagia.

Setiap orang perlu untuk beristirahat. Sehingga berada di salah satu ruangan yang dipenuhi oksigen alami dapat membantu Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

Selain itu jika Anda mengonsumsi tanaman herbal akan membantu mengatasi masalah pencernaan dan membantu menenangkan diri.

Jika Anda memiliki sedikit ruangan kecil yang bisa digunakan untuk menanam tanaman maka pergunakanlah dengan baik, karena tanaman memiliki banyak sekali manfaat.

Mengutip dari Yourtango, Senin (21/9/2020) berikut 12 manfaat dari menanam tanaman di dalam dan sekitar rumah yang bisa Anda ikuti:

1.  Pereda alergi

Saat memiliki tanaman hias, Anda mungkin memperhatikan bahwa lebih sedikit debu karena tanaman hias adalah filter alami yang dapat menangkap alergan di udara dan membantu menyaring untuk udara yang lebih segar dan bersih.

Tanaman hijau china atau bunga lili perdamaian salah satu tanaman yang terkenal memiliki banyak manfaat meredakan alergi.

Sedangkan tanaman violet memiliki daun yang berstekstur mungkin lebih baik untuk menyaring partikel di udara.

Pohon palem seperti pinang, palem lady dan palem bamboo juga dapat membantu mengurangi alergan yang mengambang di udara. Namun hati-hati terhadap tanaman yang menghasilkan serbuk sari karena dapat memperburuk alergi.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat selanjutnya

2. Meningkatkan mood

Memiliki bunga di dalam ruangan akan otomatis membuat Anda merasa lebih baik. Mereka dapat mencerahkan ruangan dan membuat Anda tidak terlalu khawatir.

Cobalah untuk menumbuhkan tanaman lipstik di rumah karena tanamanan ini selalu mekar sehingga Anda akan mendapatkan manfaatnya.

3. Baik untuk kulit

Tanaman hias dapat meningkatkan kelembapan di ruangan Anda, sehingga bagus dimiliki saat musim dingin.

Tanaman lab-laba dikenal dpaat meningkatkan kelembapan dalam ruangan hingga 10 persen yang jauh lebih nyaman bagi Anda untuk bernafas dan membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

4. Tanaman pemurni udara dapat menjaga kebersihan rumah

Tanaman hias  seperti ivy inggris, pohon naga dan pakis asparagus adalah pembersih udara yang bagus untuk dimiliki di setiap ruangan pada rumah.

5. Tanaman herbal dapat membantu mengatasi masalah pencernaan

Mint, basil, peppermint, spearmint adalah tanaman herbal yang baik di tanam di dapur Anda karena dapat langsung digunakan. Semua ramuan ini dapat direndam dalam air panas dan dapat meminumnya untuk tujuan tertentu.

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat lain

6.  Tanaman anti kecemasan dapat meningkatkan istirahat dan relaksasi

Lavnender adalah tanaman yang sempurna untuk Anda miliki di rumah untuk bersantai. Selain itu juga bagus digunakan sebagai minyak pijat dan aromaterapi. Bisa juga diseduh untuk membuat the.

7. Tanaman biasa digunakan untuk pengobatan pertolongan pertama yang alami

Lidah buaya biasa digunakan untuk mengobati luka bakar akibat sinar matahari atau jenis luka bakar ringan lainnya. Jika Anda mengalami sembelit juga dapat menggunakan lidah buaya.

8. Membantu tidur lebih nyenyak

Jika memiliki tanaman di kamar tidur akan meningkatkan jumlah oksigen di kamar sehingga dapat tidur lebih nyenyak pada malam hari. Salah satu contoh tanamannya yaitu aster gerbera.

9. Mengurangi stress

Saat berada di sekitar tumbuhan, mereka memiliki kehadiran yang menenagkan. Menambahkan philodendron daun hati atau tanaman ular akan membantu Anda menjadi rileks.

10.  Dapat membantu Anda fokus, belajar lebih banyak dan bekerja lebih keras

Tanaman membantu Anda lebih berkonsentrasi dan memperkuat daya ingat. Orang yang belajar di ruangan dengan tanaman berkinerja lebih baik.

Letakkan pohon palem bamboo atau pothos emas di rumah sehingga mungkin menemukan Anda bisa fokus sedikit lebih baik.

11.  Meningkatkan penyembuhan

Penelitian menunjukkan bahwa Anda dapat mentoleriri rasa sakit dengan lebih baik Ketika dikelilingi oleh bunga lili atau anggrek.

12.  Berkebun meningkatkan kesehatan mental dan emosional

Orang yang menderita depresi, kondisi kejiwaan, skizofrenia dan kecemasan dapat merasa lega saat mereka berkebun. Terapi berkebun dapat bermanfaat bagi prang yang baru pulih dari pengalaman traumatis.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.