Sukses

5 Tanda Anda Kehilangan Otot, Bukan Lemak

Seharusnya, menurunkan berat badan bertujuan untuk meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Merencanakan penurunan berat badan bukanlah lelucon. Bahkan beberapa orang sampai mengubah pola makan dengan ketat hingga memaksakan diri untuk berolahraga secara teratur. Maka dari itu, menargetkan penurunan berat badan membutuhkan keseriusan penggunanya.

Seharusnya, menurunkan berat badan bertujuan untuk meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak tubuh. Tetapi dalam beberapa kasus, Anda mungkin mulai kehilangan massa otot, bukan lemak, yang artinya itu tidak sehat.

Kehilangan massa otot mempengaruhi kekuatan dan daya tahan kita secara negatif dan menyebabkan penurunan kinerja fungsional. Akan tidak wajar jika tubuh memilih kehilangan otot dan bukan lemak dulu.

Biasanya, hal tersebut terjadi ketika seseorang yang mencoba menurunkan berat badan tidak makan cukup protein, terlalu banyak berlatih, tidak tidur nyenyak atau tidak memberikan waktu untuk pulih, sehingga mereka kehilangan massa otot alih-alih lemak.

Berikut 5 indikator bahwa Anda kehilangan massa otot, bukan lemak, dilansir dari TimesofIndia.

1. Latihan terasa tegang

Meskipun jelas latihan Anda memang berat, tetapi jika Anda lebih sering melewatkannya, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda kehilangan massa otot.

Atau merasa kurang berdaya saat berolahraga, tidak mampu melakukan repetisi yang sama atau tidak mampu mengangkat barbel yang sama, bisa menjadi tanda bahwa Anda kehilangan massa otot.

2. Anda merasa lesu sepanjang hari

Tidak makan dengan benar dan kehilangan massa otot dapat menyebabkan gangguan fungsi. Ini terjadi karena kekurangan energi dan terkadang overtraining.

Dalam beberapa kasus, overtraining mungkin menjadi penyebab seseorang mengalami penurunan berat badan seiring penurunan kinerja mereka.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Persentase lemak tubuh sama

Jika angka pada timbangan berubah tetapi persentase lemak tubuh Anda tidak bergerak, itu pertanda bahwa Anda sedang kehilangan massa otot.

Juga, ketika Anda kehilangan massa otot, tubuh Anda tidak berbentuk seperti yang Anda inginkan. Anda akan melihat lingkar menyusut tetapi lemak (Anda masih dapat mencubitnya) masih tetap sama.

4. Berat badan Anda turun terlalu cepat

Meskipun Anda mungkin sangat senang melihat angka-angka pada timbangan di angka yang Anda harapkan, namun kemungkinan itu justru tidak baik untuk massa otot Anda.

Penurunan berat badan itu seperti lari maraton, bukan sprint. Itulah mengapa disebutkan sebelumnya kalau menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah, karena dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk melihat hasil yang terlihat dan berkelanjutan.

5. Tidak mengalami kemajuan dalam latihan

Jika Anda tidak dapat mengangkat beban lebih banyak daripada yang Anda lakukan saat memulainya, atau jika Anda tidak dapat melakukan repetisi lebih banyak daripada saat memulainya, adalah tanda bahwa Anda kehilangan massa otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.