Sukses

Awas Penyakit Musiman, Konsumsi Tanaman Herbal Ini demi Jaga Daya Tahan Tubuh

Musim hujan segera datang, berbagai penyakit musiman menunggu.

Liputan6.com, Jakarta Musim Hujan akan segera datang. Tetapi apakah kita siap untuk Musim Hujan ini, terutama di tengah ketakutan pandemi, di mana periode perubahan musim ini membawa serta risiko infeksi musiman, flu, dan penyakit musiman lainnya. 

Dengan demikian, kebutuhan untuk memperkuat kekebalan menjadi semakin penting. Dengan mengambil langkah-langkah kecil untuk membangun kekebalan, dikutip dari timesofindia.com, Minggu (13/8/2020) menyarankan Anda untuk melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi tanaman herbal yang ada di dapur.

Hal sederhana ini membantu Anda dalam melawan kuman tersebut dan menjaga pertahanan tubuh.

1.Jahe

Tidak ada yang lebih baik dari musim hujan selain secangkir wedang jahe. Nah, tidak hanya menenangkan jiwa tetapi jahe di dalamnya juga membantu meredakan infeksi tenggorokan. 

Sifat anti-inflamasi, anti-virus, anti-bakterinya menjaga pertahanan tubuh terhadap batuk, demam, menggigil, dan hidung tersumbat. 

Satu sendok madu yang dicampur dengan ekstrak jahe dapat membantu anak Anda menghilangkan semua iritasi dan hidung tersumbat di saluran pernapasannya. Jahe juga dapat membantu meredakan nyeri dan nyeri.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki khasiat yang tak tertandingi. Salah satu fungsinya membantu menjaga tekanan darah agar tetap sehat. 

Sifat antimikroba dan anti jamurnya merangsang sistem kekebalan dan mencegah penyakit. Tambahkan bawang putih ke masakan sehari-hari Anda, campur dengan beberapa bumbu lainnya dan nikmati rasa juga kesehatannya.  

Allicin dalam bawang putih juga membantu melawan alergi dan infeksi saluran pernapasan, juga pengencer darah alami yang hebat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kunyit

Bahan kuno dari dapur ibu dapat menghasilkan keajaiban dalam hal kekebalan. Baik itu dalam makanan, susu atau bahkan teh Anda, kunyit membantu menyembuhkan luka, membersihkan kulit, membantu pencernaan dan bermanfaat bagi tulang Anda. 

Kurkumin, senyawa yang ada dalam kunyit, diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meningkatkan kekebalan. 

Ini juga merupakan anti-oksidan hebat yang membantu memperlambat proses oksidatif dalam tubuh dan membuat awet muda.

4.Hing (Asafoetida)

Hing atau Asafoetida, tanaman asal India ini memiliki sifat yang membantu meningkatkan kekebalan Anda dengan sifat anti-inflamasi, antibiotik dan anti-virus. 

Itu membuat saluran pencernaan tetap terkendali dan target memanggil radikal bebas yang merusak, yang merupakan kontributor berbagai penyakit. 

Anda dapat menambahkannya ke dalam dal dan makanan lain untuk meningkatkan rasa dan kesehatan.

4.Lada

Lada memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Sifat karminatifnya juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus, tetapi yang terpenting, sifat ekspektorannya membantu memecah lendir dan pengendapan dahak di saluran pernapasan sehingga memberikan kelegaan dari hidung tersumbat dan sinusitis. 

Anda dapat menambahkan bahan efektif ini ke dalam makanan dengan menaburkan beberapa di telur, salad, dan sup.

5. Cengkeh

Cengkeh mengandung bahan aktif eugenol yang melawan bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh sehingga mengurangi kemungkinan infeksi. 

Mereka juga memiliki sifat antioksidan yang membantu sistem kekebalan dalam melawan kerusakan oksidatif dan radikal bebas yang merusak sel. 

Cengkeh telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat untuk nyeri akut dan juga merupakan ramuan pernapasan yang sangat baik.

6. Kayu Manis

Umumnya dikenal sebagai Dalchini, Kayu manis mengandung mangan, zat besi, kalsium dan serat dalam jumlah yang cukup. Minyak esensial termasuk Cinnamyl acetate dan cinnamaldehyde meningkatkan kekebalan. 

Kayu manis juga digunakan sebagai ramuan pelindung jantung yang membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali dan juga merupakan anti-oksidan yang hebat.

 

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini