Sukses

Cari Tahu, Apakah Anda Seorang Introvert, Ekstrovert atau Ambivert?

Mungkin dengan melihat skala berikut ini, Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang tipe kepribadian Anda

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar skala untuk menentukan apakah seseorang ambivert, introvert, atau ekstrovert. Kenali diri Anda maka kemudian dapat menyusun rencana hidup berpacu pada itu.

Mungkin dengan melihat skala berikut ini, Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang tipe kepribadian menurut Kristine Carlson, seorang medium psikis, praktisi penyelarasan jiwa tingkat lanjut, pelatih kehidupan, dan penulis dilansir dari YourTango.

1. Apakah Anda seorang introvert?

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda seorang introvert adalah dengan memperhatikan apakah Anda merasa lelah pada saat sering berinteraksi dengan orang lain.

Apakah Anda merasa kewalahan dan merasa lebih baik setelah memiliki waktu sendiri? Maka Anda kemungkinan besar seorang introvert.

a. Introvert membutuhkan banyak waktu untuk menyendiri.

Jika Anda seorang introvert, sangat penting untuk meluangkan banyak waktu untuk diri sendiri. Introvert membutuhkan banyak waktu untuk menyendiri, lebih dari orang yang ekstrovert maupun yang tergolong ambivert.

Kepribadian introvert tidak dapat memproses sesuatu kecuali mereka memiliki waktu sendiri. Anda tidak akan dapat memproses atau bahkan mengetahui bagaimana perasaan Anda tentang sesuatu, kecuali Anda memiliki waktu sendiri terlebih dahulu.

b. Interaksi sosial bisa sangat melelahkan bagi seorang introvert.

Terlalu banyak interaksi dengan orang lain dapat membuat introvert merasa kewalahan, yang dapat menyebabkan masalah mental bagi sebagian orang.

Bagi seorang introvert, interaksi sosial bagaikan mengisi cangkir dengan air. Anda perlu memproses (atau "meminum air") yang sudah ada di dalam cangkir sebelum Anda menambahkan lebih banyak, atau "cangkir" sosial Anda akan meluap.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Ataukah Anda seorang Ekstrovert?

Seorang ekstrovert diberi energi dengan menghabiskan waktu bersama orang lain. Mereka tidak dapat memproses atau mengetahui bagaimana perasaan mereka tentang sesuatu tanpa memantulkannya dari orang lain.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda seorang ekstrovert adalah dengan memperhatikan energi Anda saat berada di sekitar orang. Apakah Anda merasa berenergi? Apakah Anda merasa depresi atau sedih saat sendirian dalam waktu yang lama?

a. Orang ekstrovert harus bersosialisasi

Orang ekstrovert membutuhkan orang lain di sekitar mereka untuk memulihkan tenaga dan benar-benar menjadi diri mereka sendiri. Jika mereka memiliki terlalu banyak waktu untuk menyendiri, mereka bisa mengalami depresi dan kebingungan.

Mereka hanya tidak akan tahu ke arah mana tanpa berinteraksi dengan orang lain. Jadi, sangat penting untuk memiliki banyak interaksi sosial jika Anda seorang ekstrovert.

b. Seorang ekstrovert masih membutuhkan waktu untuk menyendiri, hanya saja tidak terlalu berlebihan

Sama halnya seorang introvert yang juga membutuhkan waktu bersama orang lain, seorang ekstrovert juga membutuhhkan waktu untuk menyendiri. Ini semua untuk menemukan keseimbangan yang tepat, tergantung Anda berada di posisi mana yang paling berat.

3. Apa itu kepribadian Ambivert?

Ambivert adalah seseorang yang berada tepat di tengah skala introvert-ekstrovert. Mereka membutuhkan waktu yang seimbang untuk menyendiri dan untuk bersosialisasi agar berfungsi dengan baik.

Mengetahui kepribadian Anda itu penting, tetapi bisa membingungkan. Beberapa orang mengira mereka satu tipe kepribadian, padahal sebenarnya mereka adalah tipe yang lain. Ini benar-benar dapat membuat hidup mereka tidak seimbang.

Biasanya hal ini terjadi karena mereka tidak menyadari secara pasti seberapa ekstrim tipe kepribadian lain tersebut, sehingga mereka tidak mengukurnya dengan benar.

Selain itu, jika Anda tidak berada di kedua ujung skala dan lebih condong ke tengah, akan membingungkan untuk menguraikan di mana tepatnya Anda berada.

Sangat penting untuk mengetahui posisi Anda pada skala kepribadian. Tidak memahami diri sendiri dapat menyebabkan banyak kecemasan dan masalah jika Anda tidak memberikan keseimbangan yang tepat.

Setelah Anda mengetahui posisi Anda pada skala introvert-ekstrovert, penting bagi Anda untuk memberikan keseimbangan yang tepat.

Tanggung jawab Anda untuk menyusun hidup Anda sesuai dengan itu. Tidak melakukannya hanya akan membuat hidup Anda lebih sulit.

Memberi diri Anda keseimbangan yang tepat sama pentingnya dengan mengingat untuk makan. Ini adalah bagian dari susunan genetik Anda, jadi penting untuk memberi diri Anda sendiri jumlah interaksi sosial yang Anda butuhkan untuk memiliki kehidupan yang bahagia dan sehat.

Berbaik hati kepada diri sendiri dan berikan diri Anda apa yang Anda butuhkan agar berfungsi. Jangan merasa bersalah untuk mengambil waktu ekstra sendirian jika Anda seorang introvert, atau waktu ekstra dengan orang lain jika Anda seorang ekstrovert.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.