Sukses

5 Hal Tentang Gigi yang Wajib Diketahui Seiring Bertambahnya Usia

Bentuk tubuh, hubungan, hidup berubah seiring waktu. Lalu bagaimana gigi bisa bertahan hingga melewati banyak perubahan seiring bertambahnya usia.

Liputan6.com, Jakarta Penuaan adalah proses belajar, menjalani, dan mengalami kehidupan yang indah sepenuhnya. Bentuk tubuh, hubungan, hidup berubah seiring waktu. Lalu bagaimana gigi bisa bertahan hingga melewati banyak perubahan seiring bertambahnya usia.

Orang sering mengeluh menguningnya gigi itu karena gusi yang memakai enamel menjadi lemah dan gigi kendur ada bau khas yang menarik napas kita dan sebagainya.

Kembali ke kesehatan gigi, betapapun kuatnya gigi, mungkin Anda tidak dapat menyelamatkannya dari keausan selama masa hidup dan kerusakan.

Tentu saja, tidak dapat dipulihkan dan seseorang harus mengunjungi dokter gigi untuk restorasi tetapi Anda dapat merawatnya pada waktu yang tepat untuk menunda kerusakan sebanyak-banyaknya.

Melansir dari timesofindia, disimak 5 perubahan besar pada gigi Anda seiring bertambahnya usia.

1. Enamel gigi hilang

Salah satu perubahan paling umum yang kita lihat adalah menguningnya gigi dengan bertambahnya usia karena lapisan luar gigi kita adalah putih mutiara dan energi mengkilap habis seiring bertambahnya usia serta gigi kuning mulai terlihat. 

Gigi menjadi lemah dan peka terhadap panas dan dingin yang selanjutnya menyebabkan nyeri tumpul dan kemudian akut pada beberapa orang.  Segera kunjungi dokter gigi segera setelah Anda melihat perubahan warna.

2. Penurunan saliva - xerostomia

Sebagian besar para orang tua mengeluh tentang mulut kering  yang menyebabkab sulit makan dan menelan.

Terkait dengan hal ini bisa menjadi proses penuaan normal atau efek dari obat saat mengkonsumsinya serta bertambahnya usia karena banyak masalah sistemik lainnya. 

Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang yang mengakibatkan kesulitan makan karena kehilangan gigi dan menelan karena mulut kering. Diperlukan perhatian dan kunjungi dokter gigi untuk mendapat perawatan.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Penyakit periodontal

Salah satu alasan utama untuk gigi rontok adalah masalah periodontal. Ini dimulai dengan gingivitis sederhana.

Gusi adalah fondasi gigi, gusi sehat sama dengan gigi sehat. Dengan bertambahnya usia gusi dan kantong-kantong yang terbentuk di sekitarnya, makanan menumpuk dan menyebabkan infeksi, bakteri menumpuk akibat hilangnya gigi. 

Ini lebih banyak terjadi pada orang dengan kebersihan mulut yang buruk, perokok, penderita diabetes, dan masalah sistemik lainnya. 

Harus mengunjungi dokter gigi jangan berpikir itu normal dengan usia bekerja pada gusi Anda sebelum terlambat

4. Bau mulut

Mulut kering, penyakit gusi, dan infeksi adalah alasan utama bau mulut setelah dirawat, bau mulut tidak akan pernah menjadi masalah.

5. Sariawan dan kanker mulut

Dapat disebabkan oleh gigi palsu yang tidak pas dan ujung tajam dari gigi yang setengah rusak setiap masalah yang Anda perhatikan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.