12 Makanan yang Bisa Atasi Kembung di Kala Menstruasi

Oleh Fitri Syarifah pada 30 Jul 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2020, 08:00 WIB
[Bintang] Ilustrasi Menstruasi
Perbesar
Agar hati damai saat menstruasi, ini hal 5 yang wajib kamu cermati.(Sumber Foto: Quick and Dirty Tips)

Liputan6.com, Jakarta Perut kembung saat menstruasi merupakan hal yang normal, menurut American College of Obstetricians dan Gynaecologists. Ataupun kembung akibat makan terlalu kenyang biasanya tidak perlu dikhawatirkan, kata Rabia de Latour, MD, ahli gastroenterologi, asisten profesor kedokteran di NYU Langone Health dan direktur endoskopi di Pusat Rumah Sakit Bellvue.

Namun, jika kembung yang Anda rasakan sangat menyiksa, atau bahkan mungkin melibatkan diare atau sembelit, dan itu terjadi seminggu sekali. Ini semua adalah tanda-tanda bahwa Anda dapat memiliki kondisi mendasar seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) atau intoleransi laktosa yang menyebabkan kembung, kata Dr. de Latour.

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksakan diri ke ahli gastroenterologi sehingga mereka dapat mendiagnosis Anda dengan benar.

Jika ternyata Anda memang memiliki kondisi yang mendasarinya tersebut, Anda mungkin mengalami IBS, intoleransi laktosa, penyakit seliaka, pertumbuhan bakteri usus kecil berlebihan, atau diagnosis sindrom kembung fungsional, kata Dr. de Latour. Tapi jangan panik, mereka semua bisa dirawat atau setidaknya dikelola sehingga Anda tidak harus berurusan dengan rasa sakit yang menyakitkan selamanya. Misalnya dengan menghindari konsumsi makanan tertentu, misalnya susu pada penderita intoleransi laktosa.

Ada juga beberapa makanan yang dapat mengatasi kembung secara alami. Berikut ini ke-12 makanan untuk mengatasi kembung, dilansir dari Cosmopilitan.

1. Blueberry

Bluberi kaya akan vitamin C dan vitamin K dan dapat membantu melindungi jantung Anda, kata Wendy Leonard, RDN, pendiri Rhode Island Nutrition Therapy.

2. Wortel

"Wortel kaya akan beta-karoten, serat, vitamin K1, dan juga kalium. Mereka juga dikaitkan dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan mata," kata Leonard. Bahkan salad wortel lebih baik daripada almond.

3. Ayam

Ingin mendapatkan protein? Ayam adalah pilihan yang bagus yang tidak akan menyebabkan kembung yang tidak nyaman, kata Leonard. Hanya saja, sebaiknya hindari nugget ayam, yang biasanya dilapisi tepung terigu yang artinya mengandung gluten.

4. Ketimun

Ketimun sarat dengan air, yang membantu melawan kembung, kata pakar nutrisi Joy Bauer, RD, penulis The Joy Fit Club. Pada dasarnya, semakin banyak air yang Anda ambil tanpa serat, semakin banyak Anda buang air kecil dan semakin banyak Anda buang air kecil, semakin rata perut Anda rasanya.

5. Oatmeal

Pilihlah semangkuk oatmeal alih-alih roti panggang alpukat Anda jika Anda mencoba diet FODMAP yang rendah. Oat dikemas dengan antioksidan yang disebut avenanthramides yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda, tambah Leonard.

 

2 dari 2 halaman

6. Anggur

minyak biji anggur
Perbesar
Minyak biji anggur diekstrak dari biji anggur. Minyak biji anggur pernah menjadi rahasia tersembunyi dari banyak produk kosmetik tradisional

Anggur dapat mengurangi gas dan kembung, kata Bauer.

7. Telur

Telur adalah cara mudah lainnya untuk mendapatkan protein Anda tanpa kembung, kata Leonard. Tapi ingat untuk mencampurnya dengan susu dairy free atau bebas laktosa jika ingin membuat scramble egg.

8. Air Lemon

Secara teknis ini minuman, tapi jus lemon termasuk dalam kategori FODMAP yang rendah, jadi aman untuk menambahkannya ke segelas air. Ini akan membantu pencernaan serta menyediakan vitamin C untuk kekebalan, kata Leonard.

9. Kimchi

Makanan pokok orang Korea ini dipenuhi dengan probiotik yang dapat membantu menjaga usus yang sehat, kata Dr. de Latour. Cobalah menambahkannya ke semangkuk nasi atau sup untuk makan malam yang mudah.

10. Ikan

Baik salmon, nila, tuna dan lain-lain mengandung banyak protein dan aman dikonsumsi tanpa bikin kembung, kata Leonard.

11. Spaghetti Squash

Pasta bukan ide yang baik (kecuali varietas bebas gluten), tetapi Anda masih bisa dapat mi. Caranya dengan menukarnya dengan Spaghetti Squash. Dan ini seharusnya tidak mengganggu perut Anda, dan tinggi vitamin C dan beta-karoten, kata Leonard.

12. Quinoa

Quinoa tidak mengandung gluten, jadi ini adalah gandum yang sempurna untuk ditambahkan ke dalam diet bebas lemak Anda. Ini memiliki tingkat tinggi dua flavonoid yang terkait dengan efek anti-inflamasi, anti-virus, dan anti-depresan, kata Leonard.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait