Tips agar Udara dalam Ruangan Tetap Segar Saat Tinggal dengan Perokok

Oleh Fitri Syarifah pada 27 Jul 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Jul 2020, 11:41 WIB
Humidifier
Perbesar
Ilustrasi Humidifier/copyright shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Memang benar bahwa bisa sulit untuk menjaga udara rumah tetap segar ketika tinggal bersama seorang perokok.

Maka dari itu, berikut ini tips tentang bagaimana menjaga udara dalam ruangan tetap segar ketika Anda tinggal bersama seorang perokok, dilansir dari Tidy, Senin (27/7/2020).

1. Temukan pembersih udara yang baik

Pembersih udara adalah salah satu cara tercepat dan terbaik untuk menjaga udara dalam ruangan tetap segar ketika hidup dengan seorang perokok. Namun, sangat penting untuk memahami cara pakai teknologi tersebut sebelum Anda membelinya.

Tidak semua pembersih udara dirancang untuk menghilangkan asap. Pada kenyataannya, kebanyakan dari mereka dirancang untuk memberantas polusi udara dan alergen.

Oleh karena itu, mungkin sulit untuk memilih yang khusus untuk asap dan bau rokok. Tapi usaha Anda tidak akan sia-sia setelah berhasil mendapatkannya demi hidup sehat dan panjang umur.

2. Gunakan ventilasi alami

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat untuk menjaga udara dalam ruangan tetap segar ketika tinggal bersama dengan seorang perokok adalah tidak menyerah pada cara-cara sintetis.

Penyegar udara dan sejenisnya dapat memberikan bantuan sementara, tetapi mereka memiliki efek samping jangka panjang yang identik dengan efek berbahaya nikotin itu sendiri.

Untuk menghindari "Senyawa Organik Volatil" ini, Anda harus membuka jendela untuk membiarkan udara segar setiap jam atau lebih.

Anda bahkan dapat menggunakan potongan lemon untuk mendapatkan aroma jeruk alami di rumah Anda. Atau bahkan semangkuk soda kue yang tersisa di ruang yang relevan dapat membantu menghilangkan bau tajam asap rokok.

3. Gunakan tanaman indoor

Pohon dan tanaman adalah cara alami menghisap polusi dari lingkungan kita, dan itu juga salah satu cara terbaik untuk menjaga udara dalam ruangan tetap segar ketika tinggal di ruang tertutup.

Menurut penelitian, banyak tanaman hias yang mampu menghilangkan zat beracun dari udara. Jangan khawatir jika Anda tinggal di apartemen kecil atau gedung tinggi. Anda hanya perlu kusen jendela yang penuh sinar matahari untuk menyegarkan udara ruangan.

Adapun beberapa pilihan utama yang disarankan untuk tanaman indoor yaitu Snake Plant, Peace Lily, Chrysanthemum, Money Plant, Silver Vine, dan English Ivy.

 

2 dari 3 halaman

4. Daur ulang udara

Humidifier
Perbesar
Cara kerja humidifier/copyright shutterstock

Mungkin Anda merasa ingin terus-menerus membuka jendela untuk membiarkan udara masuk. Namun hal itu juga tak terhindarkan dari membawa masuk polutan luar.

Maka inilah saatnya Anda membutuhkan ventilasi buatan untuk memurnikan siklus udara dengan lebih baik di rumah Anda.

Jika teknologi ini dirasa kurang pas bagi Anda, Anda dapat memilih tipe old-school seperti kipas angin. Keduanya dapat terus mendaur ulang udara dalam ruangan dan dapat bertahan cukup lama.

5. Activated & Bamboo Charcoal

Banyak orang tidak menyadari kualitas pembersihan yang melekat dari charcoal. Bahan ini adalah pembersih udara alami dan memiliki daya serap tinggi yang sempurna untuk menghilangkan racun dari udara dalam ruangan. Jadi, jika Anda tinggal dengan seorang perokok dan ingin udara segar di rumah Anda, maka Anda dapat menggunakannya untuk menyerap racun nikotin.

Tips-tips di atas mungkin sederhana, namun memberi dampak yang cukup baik karena bisa membuat udara alam ruangan Anda tetap segar ketika Anda tinggal dengan seorang perokok. Cobalah mulai hari ini dan rasakan sendiri perubahannya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait