Sukses

5 Fakta Skincare Terpopuler Saat Ini

Dalam hal perawatan kulit, semua orang pasti berusaha menemukan metode terbaik seperti skincare untuk memiliki kulit yang sehat dan nampak sempurna

Liputan6.com, Jakarta Dalam hal perawatan kulit, semua orang pasti berusaha menemukan metode terbaik seperti skincare untuk memiliki kulit yang sehat dan nampak sempurna.

Kini perawatan kecantikan mulai mengikuti tren Korea atau mencoba setiap hal yang viral yang tersebar di media sosial. Namun tidak semua produk dapat bekerja pada semua jenis kulit.

Berdasarakan fakta tersebut, terdapat beberapa tren kecantikan yang kini digemari banyak orang seperti berikut ini, dilansir dari Worldofbuzz.

1. Double cleansing

Metode ini berasal dari rutinitas perawatan kulit orang Korea yang dikenal pandai dalam merawat kulit mereka. Metode ini mengharuskan Anda untuk mencuci wajah dua kali dengan dua jenis pembersih.

Pertama pembersih berbasis minyak (oil-based cleanser) dan kedua, pembersih berbasis air (water-based cleanser).

Metode ini mengklaim dapat membersihkan kulit lebih menyeluruh, karena oil cleanser efektif menghilangkan kotoran berbasis minyak seperti riasan wajah dan sebum.

Sementara itu, pembersih berbasis air membersihkan kotoran berbasis air seperti keringat atau kotoran yang membuat wajah kusam.

Metode ini juga dikatakan sempurna karena membersihkan wajah tanpa menghilangkan minyak alami dan tidak bersifat mengeringkan kulit sebagaimana tisu pembersih bekerja.

Verifikasi: Metode ini memang efektif tapi itu tergantung pada jenis dan preferensi kulit Anda. Beberapa orang mungkin baik-baik saja dengan melakukan double cleansing setiap hari, sementara yang lain lebih suka membatasi melakukkannya hingga hanya dua kali seminggu.

2. Aturan 60 detik

Ini adalah tren pembersih lainnya. Sebagaimana namanya, metode ini mendorong orang untuk mencuci muka selama 60 detik tanpa henti. Metode ini dipopulerkan oleh seorang ahli kecantikan dari Los Angeles yang dikenal sebagai Nayamka Roberts-Smith dari LABeautyologist. Metode ini bertujuan untuk menembus kulit dan membersihkannya dengan lebih menyeluruh.

Verifikasi: Walaupun terdengar sederhana, namun kebanyakan orang benar-benar cocok dengan metode ini. Namun untuk menghindari iritasi, lebih baik Anda mencari pembersih yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Eksfoliasi kimiawi

Jika Anda telah mengenal istilah AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), asam salisilat dan sebagainya maka Anda telah berada di sisi perawatan kulit yang lebih maju.

Istilah-istilah tersebut sebenarnya adalah apa yang kita sebut dengan eksfoliasi (pengelupasan) kimiawi. Bahan-bahan tersebut diklaim merupakan asam yang baik yang dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati di wajah.

Sedangkan facescrub sudah ketinggalan jaman. Banyak orang meninggalkannya karena teksturnya yang terlalu kasar yang dapat merusak kesehatan kulit secara keseluruhan.

Kini asam-asam inilah yang memimpin teknik eksfoliasi. Asam-asam ini membantu menghilangkan lapisan luar kulit mati secara kimiawi untuk mendapatkan kulit baru dan sehat.

Verifikasi: Eksfolian ini sangat membantu TAPI penting bagi Anda untuk melakukan perawatan kulit rutin (tidak pernah Anda lewatkan) sebelum menikmati bahan asam eksfoliasi ini.

4. Derma roller

Tren ini berasal dari prosedur jarum mikro, merupakan roller dengan jarum yang sangat kecil untuk menusuk kulit untuk merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak muda.\

Prosedur ini biasanya ditemukan di pusat perawatan wajah dan dilakukan oleh para profesional tetapi saat ini, ada versi DIY-nya.

Klaim dari produk ini yaitu jarum mikronya aman menusuk kulit Anda dan memungkinkan produk ini menembus kulit Anda dengan lebih baik.

Verifikasi: Dari semua tren kecantikan yang ada di daftar ini, ini adalah salah satu yang TIDAK direkomendasikan jika digunakan di rumah.

Karena metode ini sedikit berisiko, terutama jika Anda belum pernah mengunjungi ahlinya dan tidak tahu kondisi kulit Anda yang sebenarnya. Sehingga akan lebih aman jika membiarkan ahlinya menangani yang satu ini. Jangan mengambil risiko hanya karena harganya yang murah, karena akan jauh lebih mahal untuk memperbaiki kulit yang rusak.

5. Face roller

Fungsi Face roller ini cukup sederhana, yaitu Anda cukup menggulirkannya di kulit wajah Anda. Efeknya sama seperti pijatan.

Meskipun awalnya terlihat menarik, banyak orang mengklaim bahwa Face roller ini meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi keriput.

Adapun mitos populer yang menganggap rol ini dapat meniruskan wajah. Namun nyatanya, rol ini hanya dapat membentuk wajah Anda untuk sementara waktu. Adapun langkah yang tepat untuk menggunakannya yaitu:

- Gunakan bersamaan dengan face oil atau moisturiser untuk mencegah kulit tertarik berlebihan, yang nantinya dapat menyebabkan keriput.

- Gulirkan pada kulit dengan lembut dan hanya gerakan ke atas. JANGAN PERNAH menggulirkannya ke bawah karena dapat menyebabkan keriput.

Verifikasi: Rol ini sangat aman untuk digunakan setiap hari dan jika Anda menggunakannya dengan benar, Anda pasti dapat melihat beberapa perubahan pada wajah Anda. Selain itu juga bisa menjadi terapi super.

Perawatan-perawatan kulit tersebut mungkin tampak menarik, tetapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, satu jenis perawatan kulit bukan untuk semua jenis kulit. Hanya karena satu produk yang 'viral', tidak berarti itu baik untuk Anda. Sebaliknya, fokuslah pada produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Penting juga untuk melihat bahan-bahan produk untuk memastikan bahwa tidak ada kandungannya yang berbahaya bagi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.