Sukses

6 Tips Mengontrol Minyak Berlebih di Wajah Sebelum Makeup

Salah satu cara yang terbukti ampuh dalam mengontrol minyak berlebih adalah dengan membersihkannya dan menjaganya tetap bersih setiap saat.

Liputan6.com, Jakarta Kulit berminyak tentunya membuat Anda mengalami masa-masa sulit. Karena kelenjar sebaceous terlalu aktif menghasilkan kelebihan sebum, yang menyebabkan wajah mengilap, berminyak, dan menumpuknya masalah kulit seperti jerawat, komedo, pori-pori membesar atau tersumbat, dan lain-lain.

Polusi dan kotoran bahkan dapat menyebabkan komedo bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Solusinya yaitu menjaga produksi minyak tetap terkendali dengan mengikuti beberapa tips kecantikan dan perawatan kulit berminyak berikut ini, dilansir dari Stylecraze.

Tapi yang perlu Anda ketahui tentang hal positif dari kulit berminyak Anda yaitu mereka kurang rentan terhadap kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. Karena minyak cenderung mengunci kelembaban ke dalam epidermis yang merupakan lapisan kulit terluar.

Berikut ini 6 tips bagi pemilik kulit berminyak:

1. Rutin mencuci muka

Salah satu cara yang terbukti ampuh dalam mengontrol minyak berlebih adalah dengan membersihkannya dan menjaganya tetap bersih setiap saat. Makanya penting untuk membersihkan wajah setiap dua kali atau tiga kali setiap hari untuk membersihkannya dari semua kotoran dan minyak yang menumpuk yang menyebabkan banyak masalah kulit.

Pembersih berbasis gel atau busa adalah tips terbaik untuk kulit berminyak. Carilah pembersih/pencuci muka yang bebas minyak. Sabun obat juga bisa membersihkan kulit berminyak.

Jangan gunakan teknik pembersihan yang abrasif (misalnya scrub) karena akan menghilangkan kelembaban alami kulit Anda. Carilah produk yang mengandung satu atau lebih dari bahan-bahan ini: Salicylic Acid (asam salisilat), Tea tree oil, Neem, Kunyit, Madu.

2. Eksfoliasi

Penting untuk mengeksfoliasi kulit berminyak sekali atau dua kali seminggu. Langkah ini penting. Sebab untuk untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati, diperlukan eksfoliasi (pengelupasan) kulit. Namun tetap, lakukan dengan lembut dan jangan menggosok kulit Anda terlalu keras.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Masker wajah mingguan

Setelah eksfoliasi kulit, lanjutkan dengan pemakaian masker. Langkah mingguan ini juga penting. Pilihlah masker yang mengandung lumpur Kaolin dan Bentonite, Sandalwood, Fuller's Earth (Multani mitti), karena sangat baik untuk kulit berminyak. Bahan-bahan tersebut menyerap minyak berlebih dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan bahan alami, yaitu dengan bahan berikut:

- Pepaya matang dan lemon. Caranya, gilas pepaya hingga halus lalu campurkan dengan lemon. Kemudian oleskan secara rata pada wajah dan pijat lembut. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air dingin. Cara ini bisa mengontrol minyak dengan sangat baik.

- Apel dan madu. Caranya, kupas apel segar dan iris tipis-tipis. Kemudian campurkan dengan 2 sendok makan madu dan pakaikan di wajah Anda. Biarkan selama 15-20 menit dan biolas dengan air hangat. Cara ini akan membantu mengontrol kilap wajah, mengencangkan pori-pori dan melembabkan kulit secara alami.

4. Toner Bebas alkohol

Menggunakan toner rutin setiap hari membantu menghilangkan minyak berlebih dan membuang kotoran dari kulit. Toner dari rosewater adalah toner yang bagus. Bahkan jika toner bebas alkohol sangat baik digunakan untuk mengatur sebum.

5. Pelembab (moisturizer)

Berbeda dengan apa yang umumnya dipercaya orang, kulit minyak justru membutuhkan pelembab dan hidrasi. Tidak menggunakan moisturizer hanya akan mendorong kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbanginya. Oleh karena itu, pilihlah moisturizer yang oil-free, non-comedogenic, serta water-based moisturizer.

6. Sunscreen

Bintik-bintik coklat atau pigmentasi yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari harusnya dapat dicegah, yaitu dengan sunscreen (tabir surya). Pilihlah sunscreen berbasis gel atau yang baik untuk kulit berminyak untuk menyelamatkan Anda dari wajah kusam sekaligus melindungi dari sinar matahari.

Hindari junk-food dan makanan manis, perbanyak minum air untuk selalu terhidrasi dan untuk membuang racun dalam tubuh, makan minimal satu buah dan sayuran berdaun hijau setiap hari. Dengan melakukan semua hal ini akan mengatur jumlah minyak yang diproduksi kulit Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.