Sukses

Tips Membersihkan Sneakers Putih Kesayangan

Ada beberapa hal yang mungkin Anda lakukan untuk menjaga agar sneakers putih kesayangan Anda tetap bersih seperti baru.

Liputan6.com, Jakarta Sneakers putih saat ini mungkin masih menjadi pilihan favorit. Karena sneaker putih masuk dengan gaya apapun. Namun, masalahnya, sneakers putih ini sangat mudah kotor.

Ada beberapa hal yang mungkin Anda lakukan untuk menjaga agar sneakers putih kesayangan Anda tetap bersih seperti baru. Misalnya dengan menghindari tempat yang bertanah, berlumpur atau apapun yang dapat membuatnya ternodai. Atau mungkin bahkan tidak memakianya saat hujan.

Namun untuk menjaganya tetap bersih, Anda juga perlu membersihkannya sesuai bahannya, entah itu dari kulit atau kanvas, dan solnya terbuat dari sol karet atau busa, atau bahan lainnya.

Adapun cara membersihkan sneaker putih yang disarankan oleh para ahli adalah sebagai berikut, dilansir dari Men's Health.

Cara Membersihkan Sepatu Putih Berbahan Kulit

Sepatu kulit adalah bahan yang paling mudah untuk dibersihkan. Adapun yang disarankan oleh Bernie Gross, direktur kreatif di Extra Butter, yaitu untuk memelihara alas kaki sepatu kulit.

Caranya, oleskan campuran soda kue dan deterjen atau dengan pasta gigi yang mengandung soda kue.

"Usap bagian dalam sol dengan kain mikrofiber yang lembab (jangan terlalu basah) dan bersihkan menggunakan campuran soda kue dan sabun cuci piring.

Anda mungkin perlu menggosoknya lebih sedikit berusaha keras saat membersihkan bagian dalam. Setelahnya, lap dengan kain atau handuk kering," saran Wil Wispin, U.S. Brand Director di Sneakersnstuff.

Adapun penggunaan Magic Eraser yang mungkin pernah Anda lihat di internet, sebaiknya digunakan hanya untuk jenis sol karet. "Magic Eraser mengandung bahan kimia yang terlalu keras yang bisa merusak lapisan alami sneaker kulit," ujar Gross.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membersihkan Sepatu Putih Berbahan Kanvas

Bahan ini perlu perawatan yang sedikit berbeda. Karena bahan kanvas mudah keropos, jika menggunakan bahan pembersih yang sama seperti pasta gigi atau soda kue lalu mengeringkannya di bawah sinar matahari hanya akan membuat pastanya menempel di serat kain.

Sebagai gantinya, sikat kering dengan penyikat kanvas untuk menghilangkan sisa kotoran. Jika memerlukan larutan basah, jaga agar kadar air tetap rendah agar kanvas tidak terlalu menyerapnya. Lakukan dengan cepat dan keringkan sebanyak mungkin dengan handuk berserat, saran Gross.

Cara Mencegah Noda pada Sneakers Anda

Tentu cara terbaik untuk menjaga kebersihan sneakers putih adalah dengan mencegahnya ternodai. Koio, merek sepatu kulit mewah dari Italia menyarankan untuk melindungi sneakers putih Anda dengan Crep, semprotan pelindung yang membantu mencegah kotoran dan noda cairan masuk.

Caranya dengan menyemprotkan sepatu (yang sudah kering) sejauh 20 cm, lalu biarkan selama 10 menit dan ulangi. Biarkan sepatu selama seharian sebelum Anda pakai lagi. Dan pastikan sepatu Anda sudah kering sebelum memakainya, karena sepatu yang lembab bisa membuat sepatu berbau apek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.