5 Gerakan Yoga Wajah yang Bikin Kulit Awet Muda

Oleh Fitri Syarifah pada 25 Jun 2020, 15:32 WIB
Diperbarui 25 Jun 2020, 17:39 WIB
20151020-Ilustrasi-Yoga
Perbesar
Ilustrasi Yoga (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang menghabiskan banyak uang demi kulit wajah bersih bersinar dan tampak muda. Namun tidak sedikit yang menyesal setelah membeli produk yang tidak sesuai dengan penawaran atau bahkan malah merusak kulit wajah Anda.

Yang perlu Anda catat yaitu kulit merupakan organ terbesar dari tubuh dan merawatnya membutuhkan lebih dari sekadar krim, lotion dan polesan yang mahal.

Untuk mendapatkan kulit cerah, Anda memang perlu memperhatikan banyak hal, seperti apa yang Anda konsumsi, olahraga rutin, dan menjalani gaya hidup sehat. Salah satu langkah yang efektif dalam memerangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus atau keriput sekaligus membuat kulit Anda tampak cerah berseri, adalah dengan yoga wajah.

Yoga wajah adalah serangkaian latihan wajah yang fokus pada 57 otot-otot wajah dan efektif untuk mengencangkan, merilekskan, dan melepaskan ketegangan dari otot-otot ini.

Jadi, jika Anda mencari cara agar bisa memiliki wajah cerah berseri dan awet muda tanpa harus merogoh kocek, lakukan dengan rutin 5 latihan wajah berikut ini, dilansir dari Times of India.

Latihan 1

Anda harus mulai dengan pemanasan terlebih dahulu untuk merangsang dan mengendurkan otot-otot wajah, sebagaimana peregangan yang diharuskan sebelum berolahraga.

Pertama-tama, kembungkan pipi sekuat mungkin, lalu lakukan gerakan mengembungkan pipi kanan dan kiri bergantian untuk melemaskan otot wajah.

Seberapa sering Anda harus melakukannya: Anda harus melakukannya 3 kali sebelum melakukan yoga wajah apapun. Latihan ini juga membantu meredakan ketegangan yang menumpuk di wajah.

Latihan 2

Gunakan buku jari Anda untuk memijat rahang dengan gerakan ke atas. Pastikan tekanannya sama kuatnya dari mulai dagu hingga rahang. Melakukan hal ini secara teratur akan membantu menghilangkan ketegangan dari garis rahang dan membantu mengangkat kulit wajah. Kegiatan ini juga embantu dalam menentukan garis rahang Anda dan menstimulasi otot-otot wajah.

Seberapa sering Anda harus melakukannya: Anda dapat melakukan ini lima kali sehari.

 

2 dari 2 halaman

Latihan 3

Ilustrasi yoga
Perbesar
Ilustrasi Yoga (Dok.Unsplash)

Perlahan-lahan, tundukkan kepala ke belakang hingga Anda merasakan regangan yang bagus di area leher, rahang dan dagu Anda. Tahan pose ini selama sekitar 5-7 detik dan kembali ke posisi netral. Ingat, jika Anda tidak merasakan peregangan, pose Anda mungkin kurang tepat. Latihan ini membantu membuang garis leher dan menyingkirkan dagu ganda (double chin).

Seberapa sering Anda harus melakukannya: Anda dapat melakukan latihan ini tiga kali sehari.

Latihan 4

Letakkan ibu jari di bawah dagu dan gunakan jari-jari Anda untuk memijat pipi perlahan-lahan dengan lembut ke arah atas. Yoga wajah ini membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk memberikan kulit bercahaya dan sehat, serta juga untuk menghilangkan garis senyum.

Seberapa sering Anda harus melakukannya: Anda dapat mengulangi latihan ini 5 kali sehari

Latihan 5

Latihan ini merupakan yang paling sederhana namun efeknya maksimal. Buat wajah ikan dengan mulut Anda dan tahan pose ini selama sekitar 30 detik. Latihan ini membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan garis-garis halus di sekitar bibir Anda dan juga membuat kkulit tampak kenyal.

Seberapa sering Anda harus melakukannya: Anda dapat mengulangi latihan ini 5 kali sehari.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait