Sukses

12 Tips Aman dari COVID-19 saat Makan di Restoran

Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan dan jangan dilakukan saat pergi ke restoran agar Anda tetap aman dari penularan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan dan jangan dilakukan saat pergi ke restoran agar Anda tetap aman dari penularan COVID-19. Berikut ulasannya, dilansir dari Reader's digest.

1. Tempat outdoor

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk memilih restoran yang menawarkan tempat duduk di luar (ruang terbuka) sehingga memudahkan pengunjung untuk saling menjaga jarak. Ruang terbuka juga memberi sirkulasi udara lebih baik serta mengurangi risiko terpapar COVID-19.

2. Jangan gunakan pulpen

Sebelum pergi kemana-mana, pastikan Anda selalu membawa pulpen Anda, sehingga mengurangi kontak dengan kuman. Dan pastikan untuk mendesinfeksi permukaan pulpen Anda setiap pulang ke rumah.

3. Selalu gunakan masker

Meskipun restoran pilihan Anda sudah memberlakukan jaga jarak, namun Anda tidak selalu bisa menjaga jarak dari orang lain. Jadi, gunakan selalu masker Anda hingga Anda siap untuk makan dan minum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jangan terlalu dekat dengan pengunjung lain

Sebagai makhluk sosial, manusia memang butuh untuk berkomunikasi. Namun saat ini sebaiknya Anda menahan kebiasaan tersebut.

5. Cuci tangan

Mungkin Anda sudah bosan mendengarnya, tapi jangan pernah lupa untuk mencuci tangan setiap habis menyentuh permukaan yang sering disentuh orang banyak (seperti gagang pintu, pegangan tangga). Bawa selalu sanitizer Anda untuk memudahkan Anda.

6. Jangan berlama-lama di tempat

Jika Sudah selesai makan, segera pulang. Semakin lama Anda di luar, semakin besar peluang Anda terpapar COVID-19.

7. Patuhi aturan restoran

Dengan kembali dibukanya bisnis-bisnis, mereka pasti memiliki aturan baru untuk mematuhi aturan CDC. Setiap restoran mungkin memiliki aturan yang bervariasi. Jadi sebelum mengunjunginya, Anda bisa memastikan dari ulasan pengunjung.

8. Jangan keluar rumah jika merasa sedang sakit

Jika Anda merasa kurang sehat, segera batalkan janji makan di luar. Anda masih bisa menikmati makanan pesan-antar hingga Anda benar-benar pulih.

9. Bayar dengan kartu debit/kredit/e-money

Uang cash sudah dipegang oleh banyak orang, jadi menggunakan kartu kredit lebih aman untuk Anda sekaligus lebih mudah membayarnya. Anda cukup mengelapnya dengan tisu antibakteri saat sampai rumah.

10. Jangan membawa grup besar

Sebaiknya Anda merayakan ulang tahun melalui video call, akan lebih aman untuk merayakannya bersama keluarga di rumah saja.

11. Hindari menyentuh benda 

Kita tahu COVID-19 dapat bertahan di permukaan, jadi hindari sebisa mungkin menyentuh permukaan (seperti buku menu). Anda bisa mengecek menu lewat online sebelum sampai ke restoran. Dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesampainya di rumah.

12. Jangan lupa kalau Anda bisa memilih take-away

Tips sebelumnya memang mengurangi risiko Anda terpapar COVID-19 selama berada di restoran, namun makan di restoran tidak bisa menjamin keselamatan Anda 100%. Jadi, sebaiknya Anda memilih take-away agar bisa memakannya di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

Video Terkini