Tips Memakai Masker agar Tak Sesak di Cuaca Panas

Oleh Fitri Syarifah pada 23 Jun 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 23 Jun 2020, 22:04 WIB
ilustrasi berlibur tetap menggunakan masker/pexels
Perbesar
ilustrasi berlibur tetap menggunakan masker/pexels

Liputan6.com, Jakarta Wabah COVID-19 masih belum usai, sehingga kita masih belum boleh melepas masker. Tentunya keadaan ini akan membuat wajah jauh lebih berkeringat sementara kita diharuskan menggunakan masker.

Berikut ini tips untuk memakai masker dengan nyaman di waktu panas.

1. Batasi waktu pemakaian masker

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), masker harus dipakai di tempat umum yang sulit bagi kita untuk menjaga jarak fisik. Sehingga jika Anda tidak memiliki keperluan mendesak, sebaiknya Anda tetap tinggal di dalam rumah untuk menghindari suhu di luar rumah yang panas dan lembab.

2. Pilih masker dari bahan breathable

Jika Anda membuatnya sendiri atau membeli masker, pastikan bahan yang Anda pilih terbuat dari bahan katun dan bukan campuran sintetis. Bahan-bahan tersebut memiliki serat lebih baik sehingga memudahkan pemakainya untuk bernapas di dalamnya.

 

2 dari 2 halaman

3. Bawa lebih dari satu masker

[Fimela] Virus Corona
Perbesar
Ilustrasi mengenakan masker untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh | unsplash.com/@anikolleshi

Idealnya, Anda harus mencuci masker setiap setelah dipakai. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan, maka sebaiknya Anda membawa lebih dari satu masker saat bepergian. Karena, jika masker basah, akan menjadi kurang efektif dalam menyaring kuman.

4. Jauhi sinar matahari

Jika Anda mau tidak mau harus berada di luar untuk waktu yang lama, pastikan Anda harus menghindari paparan sinar matahari langsung. Serta jangan lupa menghidrasi diri. Jangan biarkan diri Anda kehausan. Pilih minuman terbaik Anda saat sedang haus.

Selanjutnya Anda harus membiasakan diri, karena seperti inilah kehidupan di era kenormalan baru.

Lanjutkan Membaca ↓