Trik Mencegah Stroberi Berjamur Akibat Disimpan Terlalu Lama

Oleh Fitri Syarifah pada 23 Jun 2020, 08:01 WIB
Diperbarui 23 Jun 2020, 08:01 WIB
Stroberi
Perbesar
ilustrasi/copyright pixabay/congerdesign

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pecinta stroberi, pasti suka menyimpan banyak persediaan buah ini untuk dimakan sewaktu-waktu Anda menginginkannya. Namun, tak sedikit yang mungkin mengalami buah-buahan segar yang telah disimpan, saat ingin dikonsumsi menjadi layu, busuk atau bahkan berjamur.

Untuk mempertahankan kesegaran buah ini, Anda bisa melakukan beberapa trik berikut:

Menggunakan vinegar atau cuka yang paling mudah dilakukan. Salah satu manfaat vinegar ini juga digunakan untuk membersihkan produk segar, seperti buah.

Dalam siarannya, National Public Radio (NPR) berbincang dengan Editor di Cook's Illustrated tentang efektivitas vinegar dalam membersihkan buah sebelum memakannya.

"Hanya dengan mencampurkan satu sendok makan cuka dengan tiga sendok makan air untuk merendam buah, larutan ini dapat membunuh 98 persen bakteri, membuat buah menjadi jauh lebih bersih daripada hanya dibilas dengan sabun antibakteri apalagi dengan air saja," ujar siaran tersebut, seperti dilansir dari Reader's Digest.

 

2 dari 2 halaman

Bagaimana jika buah jadi asam?

buah stroberi
Perbesar
ilustrasi buah stroberi/Photo by Jacek Dylag on Unsplash

Perlu diketahui, kekuatan membunuh kuman ini bisa membunuh spora yang menyebabkan jamur, menurut laman Allrecipes. Dengan mengikuti proses yang sama dari merendam stroberi dalam takaran yang sama, Anda dapat menekan pertumbuhan jamur lebih lama daripada jika Anda tidak membilasnya dengan larutan.

Namun jika Anda khawatir rasa buah akan terasa asam, lakukan pembilasan menyeluruh dengan air putih matang sesudahnya untuk memastikan tidak ada lagi rasa yang tidak diinginkan.

Terakhir, pastikan stroberi sekering mungkin sebelum disimpan di lemari es. Anda bisa mengeringkannya dulu dengan tisu. Lalu bungkus dalam wadah bersih yang dilapisi dengan tisu kertas berlebih untuk menghilangkan sisa kelembaban.

Untuk buah-buahan yang lebih besar, Anda bisa menyemprotkan larutan tersebut untuk membersihkannya agar buah dan sayur agar tetap segar.

Lanjutkan Membaca ↓