Dermatologi Ungkap Tips Kulit Cerah Selama Musim Kemarau

Oleh Fitri Syarifah pada 11 Jun 2020, 08:32 WIB
Diperbarui 11 Jun 2020, 13:10 WIB
Masker tomat dan putih telur
Perbesar
Berikut manfaat masker tomat dan putih telur yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Masalah kulit yang timbul karena keringat dan cuaca panas sehingga membuat kulit kusam akhir-akhir ini. Sehingga Anda membutuhkan perawatan khusus untuk masalah kulit wajah Anda agar nampak cerah dan sehat.

Berikut ini merupakan tips untuk kulit wajah tetap bersinar dan cerah selama cuaca panas, berdasarkan rekomedasi oleh Omer Ibrahim, dokter kulit bersertifikat, dikutip Allure.com

Pembersih ringan: Anda dapat mengganti pembersih yang berat (Seperti krim atau oil cleanser) dengan pembersih foam yang lebih lembut.

Hidrasi kulit: Salah satu rutinitas kulit yang paling penting adalah melembabkan kulit secara berkala. Ada banyak cara untuk melembabkan kulit, beberapa misalnya dengan menggunakan yogurt atau gel lidah buaya.

Gunakan tabir surya (sunscreen / sunblock): Salah satu cara paling efektif untuk melawan sinar matahari adalah dengan mengaplikasikan tabir surya. Dan itu dapat diterapkan kembali secara berkala.

Pembersih (cleansing): selain panas, polusi juga bisa membuat kulit Anda terlihat pucat dan kusam. Tisu wajah sangat berguna untuk menyegarkan wajah dengan cepat.

 

2 dari 2 halaman

Minum air putih

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Minum air: Minum banyak air juga akan memberi hasil baik pada kulit Anda. Jumlah cairan yang mencukupi akan membuat kulit Anda nampak lebih segar.

Jangan mandi lama-lama: Dianjurkan untuk menjaga waktu mandi singkat sekitar empat hingga lima menit. Menurut para ahli, terlalu banyak mandi atau berendam dalam air panas dapat menyebabkan kulit menjadi terlalu kering dan bahkan dapat menyebabkan peradangan atau eksim yang lebih buruk.

Jika Anda melakukan semua hal ini dengan rutin, Anda akan memiliki wajah cerah dan sehat. Namun jika Anda memiliki masalah kulit khusus, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter kulit Anda karena mungkin Anda membutuhkan obat tertentu.

Lanjutkan Membaca ↓