Sukses

Cek, Bahan Alami untuk Atasi Rambut Rontok

Sejumlah faktor bisa menyebabkan rambut rontok. Karena itu, ada alternatif alami yang lebih murah dan aman untuk kulit kepala

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah faktor bisa menyebabkan rambut rontok. Seperti misalnya gen, perubahan hormon karena persalinan, kehamilan, masalah tiroid, dan menopause, kondisi medis tertentu seperti alopecia areata (kelainan autoimun), kurap, penggunaan obat yang digunakan untuk mengobati kanker, radang sendi, masalah jantung, tekanan darah tinggi, dan asam urat. Mengikat rambut terlalu kencang, paparan panas seperti pada pelurusan permanen, blow dryer, dan pengeritingan juga membuat rambut rontok.

Sejumlah obat-obatan seperti minoxidil (Rogaine) untuk pria dan wanita, finasteride (Propecia) khusus untuk pria, dan obat-obatan lain seperti spironolactone dan kontrasepsi oral khusus untuk wanita biasanya diberikan dokter bila kondisi kerontokan cukup parah.

Operasi transplantasi rambut atau terapi laser juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kepadatan rambut. Namun meskipun perawatan ini dapat membantu Anda mengatasi rambut rontok, ada kemungkinan besar kambuh lagi jika penyebabnya adalah keturunan.

Seperti dikutip Womenshealtmag, sebagian besar obat yang digunakan untuk mengobati kerontokan rambut juga memiliki efek samping seperti berkurangnya libido, iritasi kulit kepala, dan peningkatan risiko kanker prostat pada pria. Sedangkan metode perawatan lain seperti operasi transplantasi rambut dan terapi laser mungkin terlalu mahal bagi Anda dan mungkin memiliki efek samping seperti jaringan parut.

Karena itu, ada alternatif alami yang lebih murah dan aman untuk kulit kepala, yaitu sebagai berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Vitamin

Kekurangan vitamin H, D, dan E dikaitkan dengan kerontokan rambut. Mengembalikan kekurangan tersebut dengan mengonsumsi vitamin ini dapat mengembalikan pertumbuhan rambut. Namun jangan sampai berlebihan juga karena akan ada efek samping seperti alopecia jika kelebihan vitamin A.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat diserap hingga poros rambut Anda, mambantunya mencegah kehilangan protein sekaligus mengurangi kerusakan rambut akibat trauma seperti pemakaian produk.

Caranya, cukup oleskan 1-2 sendok makan minyak kelapa murni ke kepala Anda dan pijat dengan lembut. Biarkan minimal selama sejam sebelum membilasnya.

3. Amla (Gooseberry India)

Amla (Emblica officinalis) memiliki efek proliferatif pada sel papilla dermal di folikel rambut untuk menumbuhkan rambut. Cara penggunaannya tinggal mengoleskan jus amla segar ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.

4. Yogurt

Merupakan sumber probiotik yang dapat memberikan keasaman pH yang membuat rambut Anda tampak berkilau serta mencegah kerusakan dan rambut rontok.

5. Methi (Fenugreek)

Fenugreek (Trigonella foenumgraecum) memiliki manfaat untuk menumbuhkan rambut sekaligus mengurangi kerontokan. Caranya, ½ cangkir rendaman biji fenugreek semalaman, kemudian biji tersebut digiling dan dioleskan sebagai masker rambut. Biarkan selama 30-60 menit sebelum membilasnya.

 

3 dari 3 halaman

6. Jus Bawang Merah/bawang bombai

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology, menerapkan jus bawang pada kulit kepala dapat membantu menumbuhkan rambut. Caranya, dengan memblender bawang dan ambil sarinya saja. Lalu oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama 30-60 menit sebelum dibilas.

7. Hibiscus Cina

Daun dan bunga kembang sepatu Cina (Hibiscus rosa-sinensis) mampu membantu menumbuhkan rambut dan mengatasi kerontokan. Caranya, blender 1-2 bunga kembang sepatu, 5-6 daun kembang sepatu, dan tambahkan sedikit minyak kelapa (sesuai kebutuhan). Oleskan kekulit kepala dan biarkan selam 30-60 menit sebelum membilasnya.

8. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCG merangsang pertumbuhan sel-sel papilla dermal dari kulit kepala dan dapat membantu dalam pencegahan serta pengobatan alopesia androgenetik (kerontokan pada pria).

Caranya, masukkan sekantung teh hijau kedalam secangkir air panas, biarkan selama 5-10 menit lalu saring. Setelah airnya cukup dingin, minumlah. Anda dapat meminumnya 1-2 kali sehari.

9. Masker kuning telur

Kuning telur dapat merangsang pertumbuhan rambut yang berguna untuk mengobati kerontokan. Caranya, kocokan kuning telur dioleskan ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.

10. Henna (Daun Pacar)

Daun pacar juga dapat membantu merawat rambut rontok. Caranya, secangkir daur pacar diblender dengan air hingga membentuk pasta kental. Oleskan ke kulit kepala dan sebarkan sisanya ke rambut. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air. Anda bisa mengganti daun segar dengan bubuk pacar organik. Anda bisa melakukan ini seminggu sekali.

11. Daun Kari

Daun kari mempertahankan pigmentasi rambut sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Caranya, panaskan segenggam daun kari dan setengah cangkir minyak kelapa di dalam panci. Setelah campurannya menjadi residu hitam, matikan kompor dan biarkan minyak hingga mendingin. Kemudian saring minyak untuk menghilangkan daun. Lalu oleskan minyak ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 30-60 menit sebelum dibilas.

Anda bisa menambahkan conditioner ke seluruh metode di atas hingga 2 kai seminggu. Kuncinya adalah rutin dan konsisten dalam melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini