Sukses

Tiru Yuk, Ini Manfaat Berjalan Santai di Luar Rumah

Berjalan merupakan aktivitas sederhana yang sangat bermanfaat

Liputan6.com, Jakarta Berjalan itu gratis dan tidak membutuhkan peralatan mewah atau pengetahuan khusus. Berjalan adalah gerakan paling dasar. Salah satu hal pertama yang kita pelajari ketika kita masih muda.

Berjalan juga bisa melindungi kita untuk membantu menjaga tubuh dan pikiran dalam kondisi yang sehat sambil memberi kita waktu dan ruang untuk melihat dunia di sekitar kita.

Antonia Malchik, penulis A Walking Life: Reclaiming Our Health and Our Freedom One Step at a Time, mencatat dalam esai baru-baru ini, "Berjalan membantu kita mengingat bagaimana rasanya hidup sepenuhnya."

Berikut beberapa manfaat berjalan kaki, seperti melansir laman lifehacker, Kamis (7/5/2020).

Berjalan memiliki manfaat kesehatan

Meskipun Anda mungkin tidak menganggapnya sebagai latihan, berjalan kaki memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Studi menunjukkan berjalan secara teratur mengurangi risiko serangan jantung dan stroke serta melindungi dari demensia.

Dengan berjalan sedikitnya 5 ½ mil seminggu atau sekitar 1.800 langkah per hari  akan membantu menjaga kesehatan.

Tidak perlu berjalan dalam satu waktu, tetapi dapat dalam beberapa waktu dalam sehari. Berjalan juga berdampak rendah, yang berarti risiko cedera Anda jauh lebih rendah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjalan dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental

Seperti yang dicatat Malchik, banyak penelitian mengaitkan olahraga seperti berjalan khususnya dengan kesehatan mental yang lebih baik. Termasuk insiden kecemasan dan depresi yang lebih rendah.

Manfaat ini terutama meningkat ketika orang pergi berjalan-jalan di ruang hijau, apakah itu di taman, hutan atau bahkan hanya sepetak kecil alam yang terletak di dalam kota.

"Ketika saya mulai merasakan episode depresi datang, jika saya memaksakan diri untuk pergi bahkan untuk berjalan sangat singkat, itu menghentikan depresi dari pengerasan di seluruh otak dan tubuh saya," kata Malchik.

"Ini bukan obat, dan itu tidak membuat saya semua ceria dan bahagia, tapi itu membantu menjaga keseimbangan batin saya stabil."

Berjalan meningkatkan kesadaran

Selain membuat Anda tetap aktif, berjalan juga menawarkan Anda kesempatan sederhana untuk memperhatikan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

"Kami memahami dan menafsirkan dan bahkan mendefinisikan dunia melalui pengalaman kami sebagai makhluk yang diwujudkan yaitu, melalui tubuh kita dan bagaimana mereka berinteraksi dengan dunia di sekitar kita," kata Malchik.

"Berjalan adalah cara untuk mulai menemukan ini untuk dirimu sendiri."

Ketika banyak hal menjadi luar biasa, seperti yang sering terjadi saat ini, mengenakan sepatu yang nyaman dan berjalan kaki singkat sambil menjaga jarak fisik yang tepat tentu saja  dapat membantu membawa sedikit ketenangan ke dunia yang kacau. Semakin teratur kebiasaan berjalan Anda, semakin banyak manfaatnya bagi Anda.

 

 

Reporter : Tiara Sekarini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.