Sukses

Cara Memotong Bawang Tanpa Menangis

Memotong bawang membuat mata Anda perih? Berikut tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Memotong bawang merupakan hal yang membuat Anda mengelaurkan air mata karena pedas dan panas selama memotong.

Ternyata ada tips agar mata tidak terlalu banyak mengeluarkan air mata dan memotong bawang tidak lagi menjadi kegiatan yang menyebalkan. Berikut tipsnya, melansir laman lifehacker, Sabtu (9/5/2020).

1. Potong Bawang di Bawah Ventilasi

Menyalakan ventilasi di atas kepala atau kipas ventilasi gelombang mikro seharusnya mengarahkan kembali gas-gas pengiritasi mata yang berbahaya yang dihasilkan oleh bawang dari mata Anda

- Level air mata dan iritasi

Tidak menimbulkan rasa sakit dan air mata

- Kemudahan dan kenyamanan

Sangat baik, selama Anda memiliki ventilasi udara yang baik

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Bekukan Bawang

 

Masukkan bawang ke dalam freezer selama sekitar 15 menit sebelum memotongnya, dengan teori  dingin menghambat pelepasan bawang dari bahan kimia yang mengiritasi mata.

- Level air mata dan iritasi 

Tidak menimbulkan rasa perih 

- Kemudahan dan kenyamanan

Anda harus ingat untuk mengambil bawang keluar dari lemari es sebelum menjadi terlalu keras dan bawang beku bisa sedikit lebih sulit untuk dipotong, kulitnya lebih sulit untuk dilepas, dan irisan dingin dapat mempengaruhi masakan Anda karena cara mereka berinteraksi dengan bahan-bahan lainnya. 

 

3. Pakai Kacamata Renang

Pelindung mata bertindak sebagai perisai dari uap yang dihasilkan bawang

Level air mata dan iritasi

Tidak menimbulkan rasa sakit,tidak menyengat, tidak ada air mata.

Kemudahan dan kenyamanan

Kacamata adalah biaya tambahan dan membuat Anda terlihat sedikit konyol di dapur dan mungkin tidak menikmati kacamata ketat di kepala  untuk waktu yang lama. Lebih buruk lagi, jika Anda memakai kacamata. Saya bisa memasang kacamata saya di atas kacamata renang, tapi itu adalah situasi yang tidak nyaman 

 

Reporter: Tiara Sekarini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini