Alasan Mengapa Masih Lapar Setelah Makan Malam

Oleh Liputan6.com pada 29 Apr 2020, 18:26 WIB
Diperbarui 29 Apr 2020, 18:30 WIB
Ilustrasi makan tengah malam

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah merasakan bangun pagi dengan perut yang sangat lapar seperti tidak makan malam? Ya, perasaan ini membuat Anda makan berlebihan pada pagi hari dan juga mengakibatkan kehancuran energi bahkan hilang produktivitas.

Berikut adalah alasan ilmiah mengapa kebanyakan orang merasa rakus di pagi hari setelah makan besar di malam hari, melansir laman timesofindia, Rabu (29/4/2020).

Alasan Anda merasa rakus

Lonjakan nafsu makan sebagian besar terkait dengan kadar gula darah dan hormon. Hal ini membuat Anda makan berlebihan di pagi hari dan membuat tidak produktif sepanjang hari.

Ada kesalahpahaman umum bahwa perut Anda mengembang setelah makan besar dan untuk alasan yang sama Anda merasa lapar pada hari berikutnya. Tetapi itu tidak benar sama sekali.

Yang benar adalah, ketika makan berlebihan di malam hari, kadar gula darah Anda meningkat tajam dan turun setelah beberapa waktu dan ketika Anda bangun Anda merasa lapar yang berlebihan.

Sesuai penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients, sementara pesta makan kita mengkonsumsi lebih sedikit makanan sehat dan kebanyakan makan berlebihan.

Ini menyebabkan pankreas  memproduksi lebih banyak insulin. Terlalu banyak insulin dalam tubuh Anda membuat kadar gula darah turun drastis dan akan membuat merasa lelah keesokan paginya dan Anda akan merasa rakus.

Bukan hanya ini, tetapi Anda juga mungkin merasa haus di pagi hari. Itu karena Anda mengonsumsi natrium berlebihan di malam hari. Tubuh kita juga salah memahami haus sebagai lapar. Maka teguklah dua gelas air hal pertama di pagi hari.

 

2 dari 2 halaman

Hal Harus Dilakukan

Makan banyak usai makan malam (Foto: iStockphoto)
Makan banyak usai makan malam (Foto: iStockphoto)

2. Apa yang harus dilakukan setelah makan besar

 Berikut adalah hal yang dapat dilakukan agar tidak makan berlebihan saat bangun tidur

  • Konsumsi makanan lebih awal
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam, beri jeda dua jam antara makan terakhir dan waktu tidur 
  • Berjalan sebentar dapat membantu mencerna makanan 
  • Minum dua gelas air saat bangun tidur dan sarapan yang berserat 

 

Reporter: Tiara Sekarini

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait