Sukses

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Cemburu dan Posesif

Menghadapi kecemburuan orang lain yang signifikan bisa sangat menyusahkan, tetapi jika menanganinya dengan cara yang benar, maka dapat mencegah kecemburuan dari menjadi tidak sehat dan merusak hubungan.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal yang aneh bagi orang untuk merasa cemburu dan posesif tentang pasangannya saat menjalin hubungan. Kecemburuan bisa menjadi pemecah kesepakatan bagi banyak orang, tetapi ada cara untuk mengelola kecemburuan dan rasa memiliki dalam suatu hubungan yang dapat membuat segalanya lebih mudah bagi Anda dan pasangan.

Cemburu dan posesif yang tidak sehat dapat menyebabkan perilaku mengendalikan yang dapat membuat pasangan Anda agresif dan membuat hubungan beracun. Sangat penting bahwa untuk mengelola kecemburuan pasangan Anda dan meyakinkan mereka sebelum menjadi berlebihan dan merusak hubungan Anda untuk tidak kembali.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi kecemburuan dan rasa memiliki pasangan Anda, melansir laman pinkvilla.

1. Komunikasi 

Ingat bahwa komunikasi adalah kunci untuk setiap hubungan. Jika kecemburuan dan rasa posesif pasangan Anda mulai memengaruhi hubungan, sampaikan masalah  kepada pasangan Anda dan beri tahu mereka bahwa mereka perlu mengatasinya.

2. Sayangi pasangan 

Lebih sayang terhadap pasangan Anda. Ini akan mengekang emosi negatif mereka dan membantu mereka menerima bahwa Anda memujanya dan akan mendukungnya selama masa sulit mereka. Beri mereka lebih banyak cinta ketika mereka merasa rentan.

4. Menetapakan batasan

Tidak ada yang salah dengan menetapkan batas. Beri tahu pasangan apa yang membuat Anda tidak nyaman dan biarkan mereka tahu bahwa tidak apa-apa untuk cemburu selama mereka tidak bertindak berdasarkan perasaan mereka dan melakukan sesuatu yang drastis.

5. Selalu ada

Dengan selalu ada untuk pasangan mungkin sesuatu yang harus dihadapi sendiri oleh pasangan Anda, tetapi Anda selalu dapat membantu mereka dengan berada di sana untuk mereka ketika mereka membutuhkan. Menanggapi pasangan  dan berada di sana untuk mereka akan membantu mengendalikan kecemburuan mereka.

6. Sabar 

Ingatlah untuk bersabar. Semua masalah  tidak akan hilang dalam semalam. Ini akan memakan waktu tetapi ingat bahwa itu juga akan menjadi perjalanan emosional yang panjang.

7. Tidak emosional

Jangan sombong dan jangan mengomeli pasangan Anda lagi dan lagi. Pasangan Anda mungkin menimbulkan masalah setiap sekarang dan kemudian tetapi penting untuk membiarkan pasangan tahu bagaimana perasaan Anda tanpa menjadi sombong.

 

Reporter : Tiara Sekarini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.