Sukses

Disimak, Cara Menghilangkan Kutu Busuk di Kasur

Berikut cara menghilangkan dan mencegah datangnya kutu busuk di kasur.

Liputan6.com, Jakarta Kutu busuk adalah serangga kecil berwarna coklat kemerahan yang sering hidup di tempat tidur atau furnitur dan hanya keluar pada malam hari.

Saat menghisap darah, mereka menggigit kulit manusia dan hewan yang terpapar. Area yang paling umum digigit adalah bagian belakang leher, bahu, lengan, dan kaki.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kutu busuk tidak bisa melompat atau terbang tetapi mereka merangkak dengan kecepatan tinggi dan dapat hidup selama beberapa bulan tanpa makan darah, sehingga kadang-kadang sulit untuk mengetahui apakah memiliki kutu atau tidak sampai Anda digigit.

Banyak orang berpikir parasit hanya hidup di kasur. Namun, kutu juga dapat ditemukan di bingkai tempat tidur, kepala tempat tidur dan benda-benda lain di sekitar tempat tidur, serta pakaian, furnitur dan bahkan di bawah wallpaper longgar. 

Meskipun pelancong yang tinggal di hostel atau tempat yang memiliki pergantian tamu tinggi berisiko lebih besar menghadapi kutu busuk, itu tidak berarti rumah Anda secara otomatis aman. Berikut cara untuk menghilangkan kutu busuk, seperti melansir cosmopolitan, Jumat (17/4/2020). 

1. Cuci semuanya

Letakkan semua alas tidur dan pakaian dengan air panas pada suhu 60 derajat celsius selama setidaknya 30 menit.

Atau, jika Anda tidak memiliki mesin cuci, Anda dapat memasukkannya ke dalam kantong plastik di dalam freezer bersuhu -16 derajat celcius selama empat hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Bersihkan sampai bersih

Selanjutnya, keluarkan barang dan bersihkan semua area rumah. Di sini bisa ditemukan tempat yang kotor dan bersih. Pastikan untuk mengeluarkan kasur dan masuk ke semua celah dan celah yang bisa jadi kutu busuk sembunyi.

3. Panggil bala bantuan

Saat semua tindakan pencegahan yang baik sudah dilakukan, tetapi ada kemungkinan Anda tidak dapat menyingkirkan serangga itu sendiri. Jadi jalan terbaik adalah menghubungi pengendalian hama.

Untuk mencegah datangnya kutu busuk, cobalah untuk tidak menyimpan banyak barang di sekitar tempat tidur dan pastikan untuk memeriksa semua perabot bekas sebelum membawanya ke dalam rumah. Begitu pula dengan barang bawaan dan pakaian.

Jadi, begitulah, semua yang mungkin perlu diketahui tentang kutu busuk dan bagaimana memastikan mereka tidak menggangu hidup Anda dengan membuat tidur tidak nyenyak.

Reporter: Tiara Sekarini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini