Sukses

7 Cara Menyingkirkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Sakit kepala, tapi tidak mau minum obat? Berikut cara alami agar sakit kepala hilang.

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala bisa terjadi kapan aja, dengan durasi antara 30 menit dan beberapa jam. Meskipun akan pergi sendiri pada akhirnya, jika tidak dapat atau lebih suka menghindari minum obat untuk mempercepat, ada sejumlah cara berbeda yang secara alami yang dapat menghilangkan sakit kepala.

Biasanya sakit kepala disebabkan stres, melewatkan makan, alergi / masalah sinus, postur tubuh yang buruk, atau bahkan sebagai bagian alami dari siklus bulanan.

Walaupun mengonsumsi obat penghilang rasa sakit secara umum dapat menawarkan solusi cepat, menurut NHS meminum terlalu banyak obat penghilang rasa sakit juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Jika Anda khawatir mengalami migrain reguler, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, karena mereka mungkin dapat menawarkan perawatan alternatif, dan untuk membantu mengidentifikasi pemicu tertentu.

Berikut cara untuk  menghilangkan sakit kepala saya tanpa minum obat, seperti mengutip happiful, Selasa (14/4/2020).

1. Batasi waktu melihat layar

Kami kerap meminta anak-anak menghindari menatap layar televisi atau gadget terlalu lama. Tetapi seringkali justru mengabaikan diri kita sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak waktu melihat layar dapat menyebabkan sakit kepala, migrain, serta rasa sakit dan nyeri lainnya.

Beristirahat secara teratur dari komputer atau telepon tidak hanya dapat membantu mengurangi kemungkinan  mengalami sakit kepala tegang, tetapi juga dapat membantu menghindari sakit punggung dan bahkan membantu Anda menjadi lebih produktif.

2. Tetap terhidrasi dan makan secara teratur

Pastikan minum banyak air dan makan, meskipun  tidak ingin makan. Makan dalam porsi kecil dan sering dapat membantu menghindari kadar gula darah yang rendah dan memicu sakit kepala. Jika Anda sering minum teh atau kopi sepanjang hari,  mungkin masih mengalami dehidrasi.

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan sakit kepala dehidrasi, sementara terlalu banyak kafein atau tiba-tiba mengurangi asupan kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Sekitar dua hingga tiga cangkir kopi paling banyak disarankan setiap hari walaupun cobalah untuk tidak langsung minum beberapa cangkir dalam satu hari, tidak ke yang berikutnya, karena ini juga dapat menyebabkan sakit kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Identifikasi makanan pemicu potensi dan optimalkan diet

 

Untuk migrain dan sakit kepala, apa yang Anda makan dan minum dapat bertindak sebagai pemicu. Jika Anda melakukan diet ketat, mengalami dehidrasi, minum alkohol, makan secara tidak teratur, memiliki minuman berkafein tinggi seperti teh, kopi, atau minuman berenergi, atau untuk beberapa orang, makan cokelat, keju, atau buah jeruk, ini semua dapat bertindak sebagai pemicu sakit kepala.

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan magnesium dapat membantu meringankan sakit kepala. Cobalah memasukkan lebih banyak brokoli, kangkung, kembang kol, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan ke dalam makanan.

Memperkenalkan camilan seperti biji labu dapat membantu menjaga kadar magnesium tetap tinggi sementara menghindari kadar gula darah Anda turun rendah jika  sering lupa berhenti makan saat bekerja atau melakukan hal-hal lain.

Berkonsultasi dengan ahli gizi juga dapat membantu Anda menyesuaikan pola makan dan menemukan area di mana  dapat menciptakan cara makan yang lebih seimbang dan sehat.

4. Coba manfaat aromaterapi yang menghilangkan stres

Aromaterapi mungkin bukan yang pertama kali ada dipikiran untuk menghilangkan rasa sakit, namun minyak esensial tertentu dapat memiliki sifat menenangkan. Minyak peppermint khususnya memiliki sifat mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit ketika digunakan pada pelipis, titik-titik tekanan, atau sebagai bagian dari pijatan.

Minyak lain seperti lavender dapat digunakan untuk membantu mengurangi atau menghilangkan migrain dan sakit kepala yang dipicu oleh stres, rosemary dapat membantu mengurangi rasa sakit dan insomnia, minyak kayu putih dapat membantu membersihkan sinus  dan mengurangi gejala yang berkaitan dengan sakit kepala sinus, sementara chamomile dapat membantu untuk bersantai. 

Aromaterapi dapat membantu melalui penyerapan bau atau kulit. Menawarkan manfaat fisik dan psikologis, Anda dapat mencoba aromaterapi di rumah atau dengan bantuan ahli aromaterapi yang berpengalaman.

3 dari 3 halaman

5. Mendeteksi tempo sakit kepala

Meskipun melacak sakit kepala mungkin tidak membantu untuk sekarang dan masa depan, Anda dapat memanfaatkan beberapa saat yang dihabiskan untuk mencatat hal-hal penting.

Lain kali saat merasakan sakit kepala, luangkan beberapa menit untuk menuliskan apa pun yang Anda makan atau minum baru-baru ini (atau jika Anda melewatkan makan atau lupa minum!)

Serta perasaan apakah stres, tenang, tenang , atau merasa cemas tentang apa pun? dan catat berapa banyak tidur yang dimiliki pada malam sebelumnya.

Hal ini dapat membantu Anda mempelajari pemicu  dan mudah-mudahan mulai mengenali tanda-tanda peringatan dini sebelum hal-hal dapat berkembang menjadi sakit kepala penuh di masa depan.

6. Dahulukan kesejahteraan dengan perawatan diri

Menciptakan rutinitas perawatan diri yang berkelanjutan dapat membantu mengatur naik turunnya kehidupan secara umum, mengutamakan kesejahteraan fisik dan mental  dan membangun waktu yang vital untuk bersantai dan menikmati ke dalam rutinitas harian Anda.

Perawatan diri bukan hanya tentang mandi santai yang lama dan membaca dengan secangkir teh yang menenangkan, tetap tentang belajar untuk mengetahui kesehatan Anda sendiri, mengidentifikasi kebutuhan, dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan semuanya terpenuhi.

Stres bisa menjadi pemicu yang signifikan ketika datang ke sakit kepala. Perawatan diri secara teratur dapat membantu memerangi gejala stres yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Berlatih yoga dapat membantu meredakan ketegangan fisik di bahu, leher, dan punggung yang dapat menyebabkan sakit kepala karena tegang, sementara meditasi dapat membantu  untuk fokus pada pernapasan dan menjaga tingkat stres tetap terkendali.

7. Luangkan waktu mempertimbangkan sakit kepala menandakan sesuatu yang lain

Kita semua mengalami sakit kepala dari waktu ke waktu, namun sering sakit kepala bisa menjadi pertanda bahwa sesuatu yang lain mungkin merupakan masalah yang sedang berlangsung.

Jika sering mengalami sakit kepala, perubahan suasana hati, sulit tidur atau berkonsentrasi, hal itu bisa menjadi tanda bahwa sedang mengalami stres terkait pekerjaan.

Minum terlalu banyak atau berusaha berhenti minum alkohol juga dapat menyebabkan gejala termasuk sakit kepala. Sementara beberapa ahli percaya mungkin ada hubungan antara sakit kepala dan depresi.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, merasa semakin buruk, atau memiliki gejala lain, penting untuk meluangkan waktu untuk berbicara dengan dokter.

Mendapatkan saran dan dukungan profesional dapat membantu  merasa lebih tenang, dan untuk mengakses informasi tambahan dan bantuan yang mungkin diperlukan.

 

Tiara Sekarini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini