Konsumsi 7 Makanan Ini demi Ginjal yang Sehat

Oleh Liputan6.comNurmayanti pada 15 Mei 2020, 08:46 WIB
Diperbarui 15 Mei 2020, 08:55 WIB
Drone Pengirim Ginjal

Liputan6.com, Jakarta Ginjal menjadi salah satu organ penting yang ada di tubuh. Ternyata melalui makanan, kita bisa memiliki kesehatan ginjal  yang lebih baik. 

Ada beberapa makanan tertentu yang memungkinkan menjaga kesehatan ginjal. Makanan sederhana ini sehari-hari ada di rumah sehingga mudah didapatkan. Makanan ini bila dikonsumsi menjadi tindakan pencegahan untuk menghindari kontraksi penyakit ginjal.

Pelatih Kesehatan dan Ahli Nutrisi Makrobiotik Shilpa Arora ND menyarankan asupan natrium harus dihindari sebanyak mungkin.

"Ginjal yang tidak sehat memiliki masalah dalam menyaring fosfor sehingga jumlah yang lebih sedikit dari mineral ini direkomendasikan untuk diet yang sehat untuk ginjal," jelas dia.

Inilah 7 makanan untuk ginjal yang sehat, melansir laman ndtvfood, Jumat (15/5/2020):

1. Apel

Kandungan pektin yang tinggi dalam apel membantu mengurangi faktor risiko yang terkait dengan kerusakan ginjal.

 

20150723-Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Untuk Mencegah Kanker 4
Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)

2. Berry

Buah beri adalah sumber antioksidan dan nutrisi bermanfaat. Ada sejumlah buah beri yang dapat ditambahkan ke dalam makanan untuk melindungi kesehatan ginjal seperti stroberi, blueberry, cranberry, dan lainnya.

3. Lemon

Jika a ingin menjaga kesehatan ginjal, semakin banyak Vitamin C semakin baik. Lemon mengandung vitamin vital ini dalam kelimpahan. Menurut buku Healing Foods oleh DK Publications, "Mengkonsumsi jus lemon encer setiap hari telah terbukti mengurangi laju pembentukan batu."

2 dari 2 halaman

4. Kubis

Cara Menghilangkan Varises
Kubis / Sumber: iStockphoto

Kubis secara alami rendah sodium, yang membuatnya menjadi sayuran yang baik untuk mencegah penyakit ginjal dan juga mengandung sejumlah senyawa dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Cara terbaik untuk makan kubis adalah dengan membuatnya dimasak ringan agar tetap mempertahankan manfaat kesehatannya.

5. Ubi Jalar

Jumlah vitamin dan mineral yang ditemukan dalam ubi jalar sangat bagus untuk dikonsumsi setiap saat sepanjang hari. Kandungan seratnya yang tinggi semakin memecah secara perlahan, membuatnya ideal untuk mengurangi berat badan juga.

6. Kale

Sayuran hijau berdaun gelap harus dimasukkan dalam diet menuju kesehatan ginjal yang lebih baik. Kale adalah salah satu makanan super yang tersedia dan dapat ditambahkan karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi.

7. Kembang kol

Kembang kol adalah salah satu sayuran padat yang mengandung vitamin C, Folat, dan serat berlimpah. Itu bisa saja direbus atau bahkan mentah untuk manfaat kesehatan maksimal bagi ginjal. Ahli gizi Shilpa Arora ND mengatakan bahwa makan makanan kaya air mungkin bermanfaat bagi kesehatan.

 "Seledri, kakadi, mentimun, labu botol, dan semangka adalah yang harus dimiliki untuk memastikan ginjal yang sehat," kata Shilpa Arora.

 Air kelapa adalah minuman lain yang direkomendasikan oleh ahli. "Air kelapa sangat menyembuhkan bagi ginjal karena mengandung banyak kalium dan membantu menghilangkan kelebihan natrium," tambah Arora.

Reporter : Tiara Sekarini

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait