Sukses

7 Cara Membuat Suasana Isolasi Diri Jadi Menyenangkan

Berikut cara untuk membuat ruang menjadi lebih berwarna pada saat isolasi diri

Liputan6.com, Jakarta Mengisolasi diri sendiri adalah hal yang sulit, apalagi dalam waktu yang lama. Ada  langkah yang dapat diambil untuk membuat isolasi lebih mudah pada diri sendiri, baik dari sikap fisik dan mental.

Dengan mengatasinya secara langsung, Anda dapat menghindari atau mengatasi beberapa ketidaknyamanan yang datang akibat mengisolasi diri.

Berikut ini beberapa cara untuk melakukannya, melansir laman Forbes, Sabtu (28/3/2020)

1. Blokir media sosial dan website yang membuat stres

Ketika berada dalam situasi stres yang inheren. Menghapus aplikasi semacam ini dari ponsel harus dilakukan. Tapi jangan berlebihan, masih penting untuk terhubung dengan orang-orang dalam kehiduoan, demi memberikan kabar.

2. Mendedikasikan satu area khusus untuk bekerja dari rumah

Saat pertama kali mulai bekerja dari rumah, ada banyak kendala yang bisa muncul. Menemukan tempat yang tenang untuk bekerja, tetap fokus ketika ada begitu banyak gangguan di sekitar.  

Memiliki kantor terpisah sangat ideal, tetapi banyak orang tidak memiliki hak istimewa itu. Jadi, salah satu cara untuk mengatasi masalah umum ini, dengan mendedikasikan area tertentu untuk bekerja.

Jadikan itu tampak seperti ruang profesional dengan melengkapinya dengan hal-hal seperti buku catatan, pensil dan pena, catatan tempel dan sejenisnya.

Jika Anda sering mengikuti rapat, Anda mungkin ingin memiliki buku catatan terpisah yang didedikasikan untuk catatan rapat untuk membantu mengatur ruang yang nyaman

3. Beri waktu untuk bersenang-senang 

Bagi mereka yang tidak terbiasa menghabiskan banyak waktu berturut-turut di rumah, kebosanan datang dengan mudah.

Solusinya adalah dengan melakukan aktivitas menyenangkan, seperti permainan kartu dan papan atau melukis dan letakkan di dekat tempat biasanya bersantai. Dengan begitu, ketika bosan tidak khawatir dan bisa segera melakukan hal yang menyenangkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Atur alarm selama hari kerja tanda istirahat

Saat  bekerja dari rumah, mungkin mudah terjebak, karena tidak ada jam makan siang dengan rekan kerja untuk memaksa mata  menjauh dari layar komputer, tidak ada pertanyaan dari seberang meja untuk menarik fokus.

Hal itu bisa bagus untuk produktivitas, kecuali jika lupa untuk beristirahat dan mengurus diri sendiri, sangat penting untuk  menjaga kualitas pekerjaan.

Untuk menghindari masalah itu, coba atur alarm di ponsel untuk menjadwalkan hari atau dapat menggunakan penghitung waktu dapur untuk menentukan periode kerja yang terfokus dan beristirahat setelah itu dimatikan.

5. Menghias  dinding kosong 

Hampir setiap orang memiliki satu dinding kosong di rumah dan tidak tahu harus berbuat apa. Dengan menghias dinding dengan galeri mini foto keluarga dalam bingkai dinding dapat membantu mengingatkan  tentang orang yang dicintai.

Atau memilih karya seni sendiri adalah hal menyenangkan untuk mengisi waktu selama isolasi diri. Pilihan lain adalah mencoba warna cat baru yang berani atau wallpaper peel-and-stick berpola yang  dapat membantu menghirup kehidupan baru ke dalam ruang dan merasa lebih baik tentang lingkungan.

6. Fokus pada suasana

Ruangan bisa menjadi sumber ketenangan atau sumber stres.  Mulailah dengan melakukan pembersihan, memindahkan kekacauan yang terlihat. Kemudian dapat mulai menambahkan hal-hal positif ke dalam ruangan. 

Misalnya dengan memasang aromaterapi, aroma yang tepat dapat menciptakan lingkungan yang santai. Jika menyukai minyak, mungkin mempertimbangkan untuk membeli diffuser.

Lilin adalah pilihan lain yang bagus untuk ini. Cahaya lilin dapat meningkatkan nuansa ruangan. Perlengkapan pribadi juga harus diperhatikan, dengan memilih selimut dan sandal yang nyaman, dan kenakan sepasang pakaian hangat yang nyaman. 

7. Atur ulang ruang tamu 

Mungkin tidak perlu mengubah tata ruang tamu, tetapi ada baiknya merapikan jika ada yang membuat tidak nyaman, misalnya jika sofa menghalangi jalan atau ada penempatan yang kurang tepat. Dengan membuat ruang fisik lebih fungsional dan memabntu untuk bekerja di rumah.  

 

Reporter : Tiara Sekarini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.