Cara Menjaga Kesehatan Rambut versi Penata Rambut Terkenal

Oleh Liputan6.com pada 23 Mar 2020, 19:29 WIB
Diperbarui 23 Mar 2020, 19:29 WIB
Rambut sehat

Liputan6.com, Jakarta Rambut alami, mulai dari bergelombang, lurus, hingga lebat. Tapi rambut yang bagus adalah yang sehat. Namun untuk mendapatkan rambut yang sehat butuh kesabaran dan ketekunan.

Vernon Scott dan Yenen Damtew yang merupakan penata rambut terkenal memberikan tip suntuk mencapai rambut yang sehat, seperti melansir lama Yahoo.com, Senin (23/3/2020):

Menyisir rambut dengan hati-hati

Menyisir rambut dengan sisir atau jari sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Bila rambut kusut, sisir pelan-pelan jangan sampai kulit kepala sakit.

Cara yang benar menyisir adalah belah rambut menjadi beberapa bagian dan sisir setiap bagian pelan-pelan sampai kusut hilang.

Keramas secara teratur

Pertumbuhan rambut akan sehat jika melakukan keramas secara teratur. Jika tidak kotoran dapat menyubat folikel rambut dan memnyebabkan gatal, ketombe, dan peradangan.

Karena itu, penting untuk keramas dengan shampoo dan kondisioner.

Memotong rambut

Memotong rambut secara teratur sangat penting untuk menghilangkan ujung rambut yang kusut dan pecah-pecah, yang  menyebabkan kerontokan rambut.

Selain itu, memotong ujung "mati" saat rambut keriting dan gulungan tumbuh akan membantu mencapai tujuan menjadi sepenuhnya alami lebih cepat dan mengurangi peluang untuk melakukan pemotongan besar.

"Selama periode transisi, yang terbaik adalah memotong setiap empat minggu daripada enam minggu tradisional karena Anda akan selalu merasa ujungnya lemah," kata Damtew.

 

2 dari 2 halaman

Memakai pelembab

Bahan Alami untukSampo
Berikut tiga bahan alami yang bisa Anda gunakan menggantikan sampo untuk rambut lebih sehat. (Foto: iStockphoto)

Vernon Scott, pria di balik penampilan keren Maxwell, Danai Gurira, Zayn dan Jaden Smith, menjelaskan, kelembaban membantu mempertahankan elastisitas rambut sehat, yang merupakan dasar untuk rambut yang sehat dan indah.

Memiliki pelembab yang tepat dalam  perawatan rambut alami sangat penting dalam memastikan untaian selalu terhidrasi.

Jangan terlalu sering menggunakan alat penata rambut yang panas

Tidak harus menghindari alat yang panas. Namun menggunakan pelindung sebelum menggunakan alat yang panas dapat menjaga kesehatan rambut.

Tapi, dengan mengurangi alat penata yang panas dapat menjaga kesehatan rambut karena jika terlalu sering terkena panas rambut menjadi kering dan tidak sehat.

Lindungi rambut pada saat tidur

Saat tidur, rambut bergesekan dengan bantal, sebaiknya menggunakan bahan sarung bantal dari sutra atau satin yang tidak menyedot kelembaban rambut.

Atau bisa dengan cara membungkus rambut dengan syal satin untuk melindungi ujung rambut dan menjaga gaya rambut alami.

Reporter: Tiara Sekarini

 

Lanjutkan Membaca ↓