Jangan Lupa Liburan, Ini Tips Biar Tak Mager Jalan-jalan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 10 Mar 2020, 13:41 WIB
Diperbarui 10 Mar 2020, 13:42 WIB
Traveling Liburan Jalan-Jalan

Liputan6.com, Jakarta Kesibukan kerja seringkali merenggut banyak hal serta kegiatan penting yang Anda butuhkan. Meski tujuan bekerja adalah untuk mendapatkan kekayaan guna membiayai hidup, tapi tidak semua hal dapat tuntas terbayar hanya dengan uang saja.

Tebalnya dompet tentu akan terasa sia-sia jika Anda tidak dapat menikmati hidup selain untuk bekerja. Maka dari itu, liburan di sela kesibukan bekerja adalah hal yang wajib Anda lakukan secara rutin agar hidup menjadi lebih bermakna.

Agenda liburan Anda mungkin sudah sejak lama direncanakan. Tapi ternyata tak kunjung terealisasi. Penyebabnya, mungkin saja Anda lupa.

Nah, biar tak lupa melulu buat liburan karena selama ini sering dikesampingkan. Coba baca berikut ini biar Anda tak mengabaikan urusan liburan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Liburan itu Memberi Pengalaman Baru yang Seru

“Liburan itu bukan untuk bermalas-malasan, tapi untuk bersenang-senang menikmati petualang baru yang seru”

Tip: Bekerja memang penting, namun jangan melupakan kebutuhan pikiran untuk tidak terpaku dengan urusan kantor belaka.Dengan rutin melakukan liburan, Anda dapat me-refresh pikiran agar sedikit terbebas dari belenggu pekerjaan. Bukan berarti malas, tapi berlibur membuat Anda dapat merasakan pengalaman baru di luar kubik kantor yang menyenangkan.

2 dari 8 halaman

2. Jangan Tunggu Tua untuk Berlibur

5 Cara Praktis Jaga Kulit Wajah Tetap Sehat Saat Liburan
Ilustrasi liburan. (dok.Artem Beliaikin from Pexels/Dinny Mutiah)

“Wahai anak muda, segeralah mengepak tas dan jelajahi dunia, sebelum terlambat. Karena menurut survei, 75 persen orang di atas 35 tahun menyesal tidak sering liburan sewaktu muda”

Tip: Jangan habiskan masa muda untuk mengejar karier semata. Namun, sediakan waktu juga untuk dapat menikmati kehidupan dengan cara berlibur. Sehingga Anda tidak akan menyesal karena tidak bisa berlibur di hari tua karena raga sudah tidak lagi seperti saat masih muda.

3. Liburan Membuat Lebih Bisa Mensyukuri Hidup

“Kadang kita perlu datang ke tempat baru agar lebih bersyukur”

Tip: Tidak pernah berlibur membuat Anda tidak mengetahui betapa luasnya dunia ini. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan selain hanya duduk menghadap berkas yang ada di atas meja. Dengan begitu, Anda akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur telah dilahirkan.

3 dari 8 halaman

4. Berlibur Membuat Diri Lebih Terbuka

Ilustrasi liburan
Mau liburan dengan modal minim? Simak tipsnya ini, yuk! (foto: shutterstock.com)

Traveling adalah cara mengenal Tuhan, alam sekitar, orang lain, dan diri sendiri”

Tip: Liburan memberikan kesempatan untuk mengenal lingkungan yang ada di sekitar Anda. Melihat betapa indahnya dunia yang ditata sedemikian rupa untuk bisa dinikmati oleh semua orang. Dengan begitu, Anda dapat memahami betapa besarnya kuasa Tuhan.

5. Mengenal Betapa Indahnya Dunia

“Dunia ini nggak hanya seluas meja kerja. Kamu harus ambil cuti untuk liburan segera!”

Tip: Sangat disayangkan jika sebagian besar waktu Anda habis dengan kegiatan di belakang meja kerja saja. Untuk itu, jangan ragu untuk mengambil masa liburan Anda dengan berpetualang ke tempat yang belum pernah dikunjungi.

4 dari 8 halaman

6. Menambah Ilmu dengan Berlibur

Ilustrasi liburan
Pastikan Anda berkunjung ke lima destinasi ini saat berlibur ke Labuan Bajo. (foto: shutterstock)

“Kalau kamu merasa tahu segalanya, pergilah travelling maka kamu akan menemukan hal baru yang belum kamu tahu”

Tip: Rutinitas bekerja tentu cenderung lebih monoton dan statis. Keahlian Anda dengan mengenyam beban tugas yang tidak berubah akan membuat Anda menjadi pribadi yang tidak berkembang. Untuk itu, berliburlah agar Anda bisa mendapatkan wawasan baru yang sekiranya berguna.

7. Pengeluaran untuk Liburan Tak Akan Membuat Miskin

“Jalan-jalan adalah satu-satunya hal yang dapat anda beli namun membuat anda semakin kaya”

Tip: Liburan memang identik dengan pengeluaran yang tidak sedikit. Namun, hal ini sebanding dengan apa yang Anda dapatkan pasca berlibur. Beban pikiran yang lebih ringan serta pengalaman yang menyenangkan tentu jauh lebih berharga ketimbang rupiah yang bisa Anda dapatkan setiap hari.

5 dari 8 halaman

8. Membuat Produktivitas Kerja Meningkat

Ilustrasi Orang sukses
Ilustrasi Orang sukses (iStockphoto)​

“Prestasi orang yang sering berlibur lebih cemerlang daripada orang yang menyiksa dirinya dengan bekerja terus-menerus”

Tip: Beban pekerjaan yang setiap hari Anda rasakan tentu akan membuat pikiran menjadi jenuh. Kejenuhan itulah yang membuat semangat bekerja Anda kian hari semakin menurun. Untuk itu, agar semangat bekerja Anda kembali tinggi, lakukanlah kegiatan berlibur yang dapat mengurangi beban pikiran Anda. 

9. Menumbuhkan Naluri Bertahan Hidup

“Liburan terbaik adalah camping. Karena ternyata mandi pagi, gosok gigi dan berpakaian rapi, itu rutinitas yang mau tidak mau harus kita lakukan, bukan pure naluri keinginan kita.” ~ Anang Dianto

Tip: Rutinitas yang Anda lakukan sehari-hari nyatanya adalah sebuah keterpaksaan. Berbeda saat Anda melakukan camping dimana Anda harus mengandalkan naluri untuk hidup. Dengan begitu, Anda dapat menjadi pribadi yang lebih kuat dan mandiri. 

6 dari 8 halaman

10. Menjadi Pribadi yang Lebih Bahagia

kepribadian
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Timur Romanov on Unsplash

”Liburan membuat Anda melupakan permasalahan kehidupan dan berfokus pada keindahan kehidupan karena itu berliburlah agar anda berbahagia”

Tip: Masalah dalam hidup memang tak bisa dihindari. Usai menyelesaikan satu masalah, masalah yang lain akan muncul. Jadi, agar pikiran Anda bisa terhindar dari beban masalah yang tak kunjung usai dan menghambat untuk merasa bahagia, berlibur adalah solusinya.

11. Mengasah Kualitas Diri

“Pisau harus diasah agar tetap tajam. Liburan sejenak, akan mengasah ketajaman Anda dalam melakukan segala pekerjaan”

Tip: Otak yang terlalu sering terbebani oleh tanggung jawab bekerja lambat laun akan menjadi tumpul. Agar kinerja otak menjadi lancar kembali, Anda dapat berlibur dan melupakan sejenak beban tugas yang selalu membebani pikiran.

7 dari 8 halaman

12. Liburan Membuat Anda Lebih Mengerti Hidup

7 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Bisa Traveling di Tahun 2018
Ilustrasi liburan (pixabay.com)

“Kita liburan tidak untuk meninggalkan diri dari hidup akan tetapi agar hidup tidak meninggalkan kita”

Tip: Kehidupan tidak hanya untuk mengejar materi belaka. Namun, ada banyak hal lain yang membuat Anda merasa lebih hidup. Salah satu cara menikmati hidup adalah dengan berlibur.

13. Bisa Mencinta Hari Senin

“Jika Anda mencintai Hari Senin, berakhirnya waktu berlibur tak akan jadi penghalang untung kembali produktif”

Tip: Tidak sedikit orang yang membenci Hari Senin karena harus kembali bekerja. Namun, jika Anda mencintai hari tersebut dengan tetap giat saat bekerja, berakhirnya liburan tak akan jadi alasan untuk menyurutkan semangat Anda.

8 dari 8 halaman

14. Berbahagialah Meski Bukan Hari Libur

Traveling Liburan Jalan-Jalan
Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

“Jangan hanya menunggu waktu liburan untuk bahagia. Buatlah hari-hari Anda selalu menyenangkan”

Tip: Daripada menunggu waktu liburan untuk bisa berbahagia, mengapa tidak membuat hari-hari biasa jadi menyenangkan saja? Jika Anda berpikir lebih jauh, tentu ada banyak hal kecil yang bisa mencerahkan hari Anda, bukan?

15. Tak Ada Salahnya Berlibur Sendiri

Traveling sendiri enggak akan membuatmu kesepian, justru cinta sejatimu mungkin akan kamu temukan”

Tip: Berlibur sendiri bukan berarti akan membuat Anda merasa tidak memiliki teman. Bahkan, dengan berlibur sendiri, Anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan relasi baru yang mungkin akan mengubah hidup Anda ke arah yang lebih baik.

Liburan adalah Kebutuhan Semua Orang. Anda Juga!

Semua orang tentu membutuhkan liburan, baik dengan berwisata ataupun sekadar menikmati kebersamaan dengan orang-orang tercinta. Dengan liburan, Anda bisa menapatkan berbagai manfaat, baik secara fisik maupun mental. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat berlibur!

Lanjutkan Membaca ↓