Bebas Stres di Hari Pernikahan dengan Tips ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 28 Feb 2020, 13:10 WIB
Diperbarui 28 Feb 2020, 13:10 WIB
Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan merupakan momen yang paling dinanti banyak orang. Karena itu, semuanya harus disiapkan dengan matang guna mewujudkan pesta pernikahan impian, serta prosesi yang berjalan lancar.

Meski ingin tampil sempurna, ingat bahwa Anda harus tetap nyaman. Kenyamanan adalah hal yang penting mengingat Anda akan melakukan berbagai prosesi pernikahan, mulai dari akad, pesta, dan sesi foto bersama keluarga besar, sahahat, teman serta para tamu undangan.

Itu artinya kondisi Anda harus kuat dan prima agar acara berjalan lancar, tapi penampilan Anda juga harus nyaman di sepanjang acara pernikahan Anda. 

Tak jarang untuk mempersiapkan semua ini bisa bikin stress. Biar terbebas dari stres di hari pernikahan, lakukan tips ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tak Selalu Pakai High Heels, Siapkan Sepatu Flat yang Dihias

High heels adalah salah satu sepatu yang sering digunakan saat acara pernikahan, namun tidak semua perempuan bisa bertahan lama ketika menggunakan sepatu heels. Termasuk jika anda adalah tipe wanita yang tidak terbiasa menggunakannya.

Demi kenyamanan Anda, lebih baik menyiapkan sepatu Anda dengan baik. Gunakan payet dan aksesoris bunga pada tampilan depan sepatu flat Anda, meski itu akan nampak sederhana namun jika harus menahan sakit selama acara pernikahan justru akan akan membuat Anda tersiksa.

2 dari 3 halaman

2. Kenakan Baju yang Berbeda Saat Mekap/Berias

Makeup
Ilustrasi makeup/copyright shutterstock

Gaun pernikahan yang disiapkan tentu akan membuat Anda tidak sabar untuk mengenakannya. Namun jangan kenakan gaun tersebut ketika Anda dalam proses mekap (make-up), alih-alih Anda mendapat riasan yang cantik di wajah, bisa saja gaun Anda juga dapat terkena riasan.

Noda pada gaun memang tidak begitu mengganggu, namun saat Anda harusnya fokus untuk menenangkan diri, Anda masih harus berurusan dengan noda di gaun. Jadi sebelum hal itu terjadi lebih baik berjaga-jaga, demi kenyamanan di hari pernikahan Anda. 

3. Gunakan Sabun untuk Melancarkan Ritsleting

Tidak semua calon pengantin merasakannya, namun terkadang tiba-tiba resleting gaun tidak berfungsi dengan baik atau macet untuk dibuka atau ditutup. Semua semua tatanan pada rambut dan wajah Anda sudah siap, gaun yang menjadi bagian penting anda bermasalah, pasti membuat Anda cemas.

Jangan khawatir, karena Anda bisa menggunakan sabun cair saja, cukup berikan beberapa tetes sabun cari pada resleting gaun, lalu coba untuk membukanya pelan-pelan. Cara ini terbukti ampuh untuk membuat gaun menjadi gampang dipakai. 

3 dari 3 halaman

4. Gunakan ‘Eyeshadow’ untuk Menyamarkan Garis Rambut

Pengantin
Ilustrasi pengantin/copyright shutterstock

Make up yang sempurna pada wajah akan terlihat tidak rapi jika anak rambut di dahi dibiarkan berantakan begitu saja, rambut yang lembut dan pendek pada dahi sulit untuk di tata. Meski oleh ahli mekap sekalipun.

Maka cara yang paling jitu adalah menyamarkannya dengan eyeshadow warna nude. Aplikasikan pemulas mata atau eyeshadow pada tumbuhnya rambut dahi, gunakan secara tipis-tipis dan rata agar anak-anak rambut tersebut jadi lebih rapi.

5. Bersihkan Heels Lecet Menggunakan Pasta Gigi

Saat hari pernikahan tiba dengan prosesi yang panjang, sepatu heels yang Anda gunakan akan membuat kaki lecet dan itu bisa membuat anda tidak nyaman. Untuk mencegah lecet menjadi parah, Anda bisa menggunakan pasta gigi.

Oleskan pasta gigi pada bagian sepatu yang membuat kaki lecet, oleskan secara merata lalu lap dengan tisu atau kain hingga pasta giginya hilang, setelah itu sepatu heels Anda siap menemani Anda tanpa meninggalkan lecet.

Mintalah Sahabat untuk Menemani Hari Bahagia Anda

Menikah memang bukan suatu momen yang menyeramkan, namun pada acara pernikahan calon pengantin sering dilanda rasa grogi atau tegang yang berlebihan. Cairkan suasana tegang dengan berada bersama orang-orang terdekat yaitu sahabat Anda.

Keberadaan sahabat akan mampu menjadi pencair suasana. Setidaknya hingga perasaan tegang anda hilang. Selain untuk mencairkan suasana, sahabat juga bisa Anda andalkan untuk membantu Anda sewaktu-waktu, salah satunya mengambilkan minuman saat Anda kehausan di tengah-tengah acara pernikahan.

Lanjutkan Membaca ↓