Sukses

5 Tips Mengendalikan Tekanan Emosional yang Dapat Dicoba

Penyembuhan emosional bagi orang yang terluka sangat diperlukan untuk mengembalikan diri seperti semula.

Liputan6.com, Jakarta Semua pasti pernah mengalami tekanan emosional dalam berbagai bentuk. Mulai dari kesedihan, kecemasan, kecanduan, obsesi, dorongan yang tidak diinginkan, dan lainnya.

Ternyata berbagai tekanan emosional itu dapat diatasi. Melansir dari laman psychology today, Sabtu (23/5/2020), berikut beberapa tips membantu menyembuhkan tekanan emosional tanpa minum obat:

1. Jadilah diri sendiri

Anda harus menjadi diri sendiri. Ini berarti menanyakan apa yang diinginkan, menetapkan batasan, memiliki keyakinan dan pendapat sendiri, membela nilai-nilai, mengenakan pakaian yang ingin dikenakan.

Kemudian memakan makanan yang ingin dimakan, mengatakan hal-hal yang ingin dikatakan, dan seratus cara lain menjadi diri sendiri bukan orang lain.

2. Mencintai dan dicintai

Sebagian dari sifat seseorang membutuhkan kesendirian, waktu sendiri, dan individualisme yang kuat. Tapi ini bukan keseluruhan cerita tentang sifat manusia.

Anda akan merasa lebih bahagia, lebih hangat dan lebih baik, hidup lebih lama, dan mengalami hidup lebih bermakna jika kita mencintai dan membiarkan diri kita dicintai.

Anda harus menjadi individu tetapi juga harus memiliki hubungan. Untuk melakukan keduanya, mengharuskan Anda mengakui kenyataan orang lain, memasukkan orang lain dalam rencana, tidak hanya berbicara tetapi mendengarkan.

3. Kontrol pikiran

Tidak ada yang menyebabkan lebih banyak tekanan emosional daripada pikiran yang dipikirkan. Anda harus melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada yang biasanya dilakukan untuk mengidentifikasi pikiran yang bersikap tidak melayani, dan lainnya kemudian mengganti pikiran dengan yang lebih berguna.  

Hanya Anda yang bisa menguasai pikiran diri sendiri. Jika tidak mampu melakukannya maka akan membuat hidup dalam kesulitan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Lupakan masa lalu

 

Anda tidak bisa sepenuhnya mengendalikan keberadaan tetapi dapat mencegah sakit masa lalu kembali. Mereka memiliki cara untuk mengganggu seperti mimpi buruk, kesedihan yang tiba-tiba, dan gelombang kemarahan atau kekalahan.

Namun Anda dapat mencoba mengusir masa lalu dengan tidak bermain bersama dengan kecenderungan manusiawi untuk berkubang di sana. Anda harus menyuruh diri sendiri untuk terus maju dan bersungguh-sungguh.

 

5. Hapus kecemasan

Kecemasan yang merajalela akan menghancurkan keseimbangan diri, mewarnai suasana hati dan membuat semua tugas hidup yang sudah sulit menjadi jauh lebih sulit.

Ada banyak strategi manajemen kegelisahan yang mungkin ingin Anda coba, seperti teknik pernapasan, teknik kognitif, teknik relaksasi, dan sebagainya.

Tetapi yang akan membuat berbeda adalah jika Anda dapat menemukan “saklar batin” yang mengendalikan sifat cemas. Dengan begitu, kamu tidak akan lagi menjalani kehidupan yang menakutkan.

 

Reporter : Helena Yupita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini