Sukses

Bagaimana Cara Tingkatkan Kualitas Hidup, Cari Tahu di Sini

Percayalah Anda akan mendapatkan hidup yang berkualitas apalagi jika diimbangi dengan cara praktis berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Kualitas diri berbanding lurus dengan kualitas hidup. Apabila kualitas diri tinggi, maka kualitas hidup otomatis akan tinggi juga, dan sebaliknya.

Tak heran jika banyak orang ingin meningkatkan kualitas dirinya, tapi hanya segelintir saja yang berhasil. Kebanyakan dari mereka malah menuai kegagalan karena tidak tahu cara yang paling tepat untuk memperbaiki kualitas dirinya.

Meningkatkan kualitas diri demi mewujudkan hidup yang berkualitas tidaklah mudah. Pengaruh orang-orang di sekitar seringkali menghambat Anda dalam mewujudkannya. 

Namun jika terus dicoba, percayalah Anda akan mendapatkan hidup yang berkualitas apalagi jika diimbangi dengan cara praktis berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Manfaatkan Waktu untuk Kegiatan Favorit

Ketika weekend tiba, apa yang sering Anda lakukan? Apakah menonton televisi, mendengar musik, membaca, atau pergi piknik bersama keluarga?

Apapun itu, jangan pernah menunda-nunda waktu. Jika Anda ingin melakukannya, lakukan sekarang juga karena waktu luang yang Anda miliki hari ini tidak akan tersisa untuk hari esok. 

Perlu diingat, tujuan hidup yang paling utama adalah mencapai kebahagiaan. Jika Anda terlalu sibuk mengurusi pekerjaan, Anda tidak akan pernah punya waktu untuk mencapai hidup yang berkualitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Manjakan Diri dengan Berbagai Perawatan

Meskipun rutinitas sehari-hari padat, bukan berarti Anda tidak bisa memanjakan diri sendiri. Luangkan waktu pergi ke pusat kebugaran atau pergi ke salon untuk merawat diri, sehingga kondisi jasmani dan rohani tetap segar.

Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu agar hidup terasa bahagia. Sehingga Anda lebih menikmati saat menjalaninya.

Percaya atau tidak, bekerja secara non-stop akan menimbulkan banyak masalah. Masalah tersebut bukan hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga merugikan orang lain yang ada di sekitar Anda.

3. Apresiasi Diri Anda dengan Makanan Lezat

Makanan yang lezat dapat mengembalikan mood yang sempat hilang akibat rutinitas kerja yang tak ada habisnya.

Selain lezat, makanan tersebut juga harus sehat agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi dengan baik. Lakukan hal yang sama ketika Anda berhasil mencapai target kerja.

Apresiasi terhadap diri sendiri sangat penting agar Anda semakin bersemangat dalam menjalani sesuatu. Berikan penghargaan yang sifatnya positif dan membangun diri, bukan reward yang berbau negatif, seperti pesta-pora atau konsumsi alkohol.

3 dari 4 halaman

4. Kelilingi Diri Anda dengan Hal-Hal Positif

Hidup seseorang tak akan pernah lepas dari hal-hal negatif yang ada di masyarakat. Mulai dari gaya hidup hingga pola pikir, semua dapat terpengaruh oleh lingkungan yang tidak sehat.

Untuk itu, carilah lingkungan yang menawarkan aura positif sehingga pikiran dan kelakuan Anda juga terbawa ke arah positif.

Aura positif yang diperoleh sangat mempengaruhi kualitas hidup, sehingga Anda dapat terhindar dari sifat iri, benci, dan dengki terhadap orang lain. Akibatnya, hidup terasa semakin bahagia dan kesuksesan semakin dekat dengan Anda.

5. Lakukan Meditasi Ringan Setiap Hari

Meditasi termasuk gaya hidup sehat yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga baik untuk kesehatan mental. Dengan meditasi secara rutin, Anda dapat terhindar dari stres yang berlebihan, sehingga pola pikir semakin segar dan jernih. 

Meditasi dapat dilakukan di pagi atau sore hari, tergantung tingkat kesibukan masing-masing. Lakukan meditasi setiap hari sekurang-kurangnya 30 menit untuk merasakan efek relaksasi secara penuh.

Dengan pikiran yang rileks, pekerjaan apapun dapat diselesaikan dengan mudah karena otak bekerja dengan baik saat menyelesaikannya.

4 dari 4 halaman

6. Terapkan Pola Tidur yang Efektif

Energi yang Anda dapatkan semakin besar jika Anda selalu menyisihkan waktu istirahat yang cukup di malam hari.

Energi ini dapat dijadikan sebagai modal untuk lebih produktif pada hari esok, sehingga semua tugas dapat diselesaikan dengan baik dan maksimal.

Tidurlah secara tertib sesuai jadwal yang sudah dibuatkan sebelumnya untuk meningkatkan kualitas tidur.

Waktu tidur yang efektif bagi orang dewasa adalah 8 jam per hari. Apabila waktu tidur Anda kurang dari 8 jam, Anda perlu melakukan penjadwalan ulang jam tidur demi mendapatkan sensasi tidur yang berkualitas setiap harinya.

7. Atur Ulang Rutinitas Sehari-hari

Apabila rutinitas sehari-hari menyita jatah waktu untuk bersenang-senang, sebaiknya atur ulang rutinitas tersebut.

Atur pula jadwal pengerjaannya secara tepat agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, sehingga setiap kegiatan dapat berjalan efektif sesuai rencana yang ditetapkan sebelumnya. 

Apabila rutinitas terlalu padat, sebaiknya cicil pengerjaannya sedikit demi sedikit. Bila perlu, manfaatkan waktu akhir pekan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Namun dengan catatan, tetap sisihkan waktu untuk rehat sejenak guna menghindari rasa lelah yang berarti.

Kualitas Hidup yang Baik Memengaruhi Keberhasilan Karier

Kualitas hidup yang ingin dicapai setiap orang berbeda-beda. Untuk itu, fokuslah mencapai kualitas hidup setinggi-tingginya. Sebab kualitas hidup yang tinggi dapat memengaruhi kesuksesan karier Anda, baik hari ini maupun di masa yang akan datang. Bekali diri dan tingkatkan kualitas hidup Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini