Biar Masa Tua Tak Merepotkan Anak, Lakukan Cara ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 22 Mei 2020, 11:47 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 23:34 WIB
Orang Tua yang Rutin Konsumsi Ikan, Fisiknya Jauh Lebih Kuat

Liputan6.com, Jakarta Punya kondisi finansial mapan memang jadi cita-cita banyak orang. Terutama yang sejak awal memiliki rencana bisa mencapai kondisi keuangan stabil.

Hal ini bukan hanya mencakup masa produktif saja. Tapi idealnya setiap orang memang harus merencanakan keuangan yang baik untuk masa tuanya nanti.

Akan tetapi, masih banyak orang yang perencanaan keuangan buat masa pensiunnya masih cukup rendah. Bahkan buat mereka yang aktif bekerja dan memiliki penghasilan.

Namun bagaimanapun juga, Anda tentu tidak ingin menyusahkan anak di masa tua nanti, bukan? Hindari menjadi beban keuangan bagi anak di masa tua nanti, karena hanya akan membuat kondisi keuangan anak-anak Anda menjadi “terganggu”.

Bukan hanya itu saja, kondisi seperti ini juga bisa membebani kehidupan mereka dengan berbagai masalah lainnya, di mana kelak anak tidak bisa menata masa depan keuangannya dengan mudah dan lancar.

Mengatur keuangan Anda sejak sekarang untuk masa tua nanti adalah keputusan yang tepat. Hal ini penting, bahkan meski saat ini Anda sudah cukup berumur dan baru akan memulainya sekarang.

Mulai kelola finansial Anda dengan bijak saat ini juga dan terapkan berbagai langkah tepat untuk menata keuangan masa tua. Jadi, lakukan hal ini buat bekal hari tua nanti agar tidak jadi beban anak, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 3 halaman

1. Buat Anggaran Keuangan yang Tepat dan Kelola dengan Sehat

7 Tips Cerdas Mengelola Keuangan untuk Kamu Para Mahasiswa
Buat kamu yang masih mahasiwa, coba deh ikuti tips mengelola keuangan berikut ini.

Apapun pekerjaan dan berapapun penghasilan Anda setiap bulannya, sangat penting untuk selalu menjalankan keuangan dengan anggaran yang tepat. Pastikan Anda selalu meluangkan waktu untuk menyusun anggaran keuangan bulanan.

Tempatkan setiap sen uang Anda untuk berbagai pos yang tepat dan sesuai kebutuhan. Pastikan setiap pos kebutuhan pokok sebagai prioritas di dalam pengeluaran, sehingga kehidupan Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Namun untuk berbagai pos pengeluaran yang tidak begitu penting, Anda bisa menghilangkannya. Susunlah anggaran keuangan yang seimbang dan alokasikan uang Anda untuk hal-hal yang sangat penting, seperti kebutuhan pokok, tabungan, dana darurat, investasi, asuransi, dana pensiun dan lainnya.

Hindari sikap konsumtif yang bikin boros, karena hanya akan membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang tanpa manfaat maksimal. Jangan lupa selalu menabungkan sejumlah dana pensiun untuk masa tua Anda nanti.

2. Mulai Menabung Dana Pensiun sejak Sekarang

Jika selama ini Anda belum terpikir untuk mempersiapkan dana pensiun, maka sudah waktunya mengubah hal tersebut. Kebutuhan dana pensiun akan cukup besar dan Anda membutuhkan waktu panjang untuk menyiapkannya.

Artinya, sangat penting untuk memulai langkah tersebut sekarang juga, tanpa ditunda-tunda lagi. Segera hitung dan lihat besar dana pensiun yang kelak akan Anda butuhkan, agar Anda bisa menentukan jumlah yang tepat untuk ditabungkan setiap bulannya.

Semakin cepat memulai tabungan dana pensiun ini, maka makin cepat pula Anda mencapai jumlah yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan investasi untuk mencapai tujuan tersebut. 

Pilih instrumen investasi yang tepat dan Anda pahami dengan baik. Sehingga Anda bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan aman.

3 dari 3 halaman

3. Jangan Abaikan untuk Memiliki Asuransi

20160217-Ilustrasi Asuransi-iStockphoto
Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Biaya kesehatan tidak bisa dibilang murah, terutama di masa-masa tua nanti. Hal ini penting untuk Anda kelola sejak sekarang, yakni dengan memiliki layanan asuransi kesehatan yang tepat.

Selain BPJS Kesehatan, Anda juga bisa mempertimbangkan layanan asuransi kesehatan swasta sebagai pendukungnya. Lengkapi juga perlindungan diri dengan asuransi jiwa, terutama jika Anda sudah memiliki tanggungan.

Asuransi jiwa ini akan memberikan perlindungan bagi ahli waris, jika sewaktu-waktu Anda sebagai pencari nafkah mengalami risiko. Bagaimanapun juga, akan lebih tenang hadapi masa depan dengan persiapan keuangan yang matang.

Mulai Siapkan Dana Masa Tua Anda sejak Sekarang 

Ingin tetap mandiri dan tidak menyusahkan anak di masa tua nanti? Anda tentu harus mempersiapkan dana masa tua Anda dengan baik sedari muda. Hal ini penting, mengingat dana yang akan dibutuhkan terbilang cukup besar.

Segera kelola keuangan Anda dan mulai siapkan dananya sejak sekarang, agar keinginan Anda untuk tidak menyusahkan anak di masa tua bisa diwujudkan dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓