Mau Liburan Puas Tapi Hemat di Bandung, Begini Caranya!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 01 Mar 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 01 Mar 2020, 18:30 WIB
20151118-Gedung-Sate

Liputan6.com, Jakarta Bandung memiliki banyak sekali pesona yang jadi daya tarik untuk dijelajahi. Meskipun bujet yang dimiliki terbatas, kamu bisa berlibur puas dan nyaman, kok!

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa liburan puas, tetapi kantong tak jebol. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa terapkan tips dari Swara Tunaiku ini!

1. Batasi Barang Bawaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah batasilah barang bawaanmu. Hal ini bisa membantumu menghemat bujet yang keluar serta tidak memberatkan pergerakanmu.

Sebelum berkemas, tulislah daftar barang apa saja yang hendak kamu bawa ke Bandung dengan mempertimbangkan jumlah hari yang juga akan kamu lalui di sana.

2. Gunakan Jalur Darat

Dibanding menggunakan jalur udara, menggunakan jalur darat untuk sampai ke Bandung sebenarnya jauh lebih murah. Kamu bisa menggunakan transportasi darat menggunakan bus atau kereta api. Sebagai perkiraan, umumnya harga tiket kereta kelas ekonomi dari Jakarta ke Bandung adalah sekitar Rp110 ribu per orang. 

Sedangkan bila kamu berangkat dari kota lain semisal Surabaya, kamu hanya perlu menghabiskan biaya sebesar Rp185 ribu untuk kelas yang sama. Agar kamu tak kehabisan tiket, kamu bisa memesan daring untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

2 dari 3 halaman

3. Pilih Penginapan dengan Harga Terjangkau

Ilustrasi Kamar Hotel
Ilustrasi kamar hotel. (iStockphoto)

Selain transportasi, akomodasi lain yang harus kamu miliki selama di Bandung adalah penginapan. Di kota ini, kamu bisa menemukan banyak sekali penginapan dengan harga yang terjangkau dan bahkan lokasinya cukup strategis. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai tempat wisata di Bandung.

Salah satu lokasi strategis yang bisa kamu jumpai di Bandung untuk menginap adalah Araya Huis Homestay yang hanya berjarak sekitar 0,48 km dari Stasiun Bandung dan harga menginap di sini pun cukup terjangkau. Hanya dengan sekitar Rp100 ribu per malam, kamu sudah bisa menginap di sini.

4. Perhatikan Uang Bensin

Hal lain yang harus kamu lakukan untuk liburan murah di Bandung tapi memuaskan adalah memperhatikan uang bensin yang harus dikeluarkan. Rental kendaraan biasanya tak memberikan bensin saat mobil disewa. Sebaiknya, keluarkanlah biaya bensin yang terbatas untuk menghindari bensin kamu masih terlalu banyak saat mobil dikembalikan.

Kalau kamu lebih memilih untuk tidak menggunakan rental mobil selama di Bandung, kamu bisa menaiki kendaraan umum saja untuk berkeliling kota Bandung. Ada banyak kendaraan umum yang tersedia, kok! Ada berbagai jurusan juga yang harus kamu tahu sebelum berangkat agar tidak nyasar.

Biaya angkutan umum yang harus kamu keluarkan untuk sekali jalan juga cukup terjangkau. Misalnya saja, bila kamu hendak ke Jalan Soekarno Hatta dari H. Juanda, kamu hanya perlu naik bus trayek 5 jurusan Dipati Ukur-Leuwi Panjang saja. Untuk biaya, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp2 ribu saja per orang.

3 dari 3 halaman

5. Pilih Tempat Wisata dengan Tiket Murah

[Bintang] Wilayah Bandung yang mirip banget dengan Eropa
Farm House Bandung | Via: sebandung.com

Kamu bisa memilih untuk berkunjung ke tempat wisata yang memberikan harga tiket murah. Misalnya saja, kamu bisa berkunjung ke Tangkuban Perahu yang harga tiketnya hanya Rp22 ribu pada hari biasa. Bisa juga ke Observatorium Bosscha yang harga tiketnya hanya Rp15 ribu per orang. Ke Farm House juga bisa. Harga tiketnya hanya Rp25 ribu per orang.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan liburan murah dan puas di Bandung. Dengan biaya yang seadanya, kamu bisa berkeliling Bandung dengan puas. Namun, jangan lupa untuk mengagendakan liburan murah ke Bandung kamu dari jauh hari agar lebih lengkap, ya!

Lanjutkan Membaca ↓