Sukses

Punya Ciri Ini, Berarti Kamu Orang yang Kreatif!

Bila punya ciri-ciri ini, berarti kamu orang yang kreatif

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas berkaitan erat dengan cara berpikir. Seseorang dapat dikategorikan sebagai orang kreatif apabila dirinya berhasil menciptakan suatu hal yang tidak ada sebelumnya.

Bisa juga karena pola pikir yang out of the box dan tidak melulu stagnan di satu titik saja. Hasilnya pun juga tidak pernah mengecewakan.

Akan tetapi, hanya segelintir orang yang dapat dikategorikan sebagai orang yang kreatif. Sebab kebanyakan orang malas untuk mengasah kerangka berpikirnya. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan antara orang kreatif dan orang nonkreatif.

Penasaran dengan seberapa kreatifnya kamu? Bila punya ciri-ciri ini, berarti kamu orang yang kreatif, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pantang Menyerah Sebelum Mencoba

Apa yang sudah dicapai tidak lantas membuat orang reatif berpuas diri. Hal yang sama ketika dirinya mengalami kegagalan. Ia tidak akan mudah menyerah sebelum benar-benar menemukan jawaban atas apa yang sedang dicari.

Tantangan bukanlah penghalang yang akan menghentikan langkah orang kreatif. Namun, hal tersebut adalah suatu hal yang akan memicu hasrat mereka untuk selalu berusaha tanpa terbersit keinginan untuk menyerah.

2. Pola Pikir yang Gila-gilaan

Orang kreatif selalu menggunakan waktu yang dimiliki untuk berpikir dan berpikir. Setiap masalah yang melintas dalam hidup akan dipecahkan sedini mungkin. Metode pemecahan yang dilakukan pun kadang sedikit ekstrim.

Misalnya, orang kreatif rela tinggal di sebuah gua terpencil untuk memastikan berapa lama seseorang dapat hidup di dalam gua tersebut tanpa menapaki dunia luar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Suka Mengaitkan Segala Bidang

Gagasan yang dihasilkan orang-orang kreatif merupakan sambungan dari titik-titik di segala bidang, terutama saat dihadapkan pada suatu masalah. Mereka percaya kalau masalah baru timbul karena adanya keterkaitan dengan masalah lama.

Dengan begitu, mereka suka menerima setiap saran ataupun masukan yang ada kaitannya dengan masalah tersebut untuk menemukan jawaban terbaik.

4. Mengasingkan Diri dan Membuat Temuan

Menghasilkan temuan baru tentu membutuhkan keseriusan super tinggi. Untuk menghasilkan sesuatu, orang kreatif suka mengasingkan dirinya dalam kurun waktu tertentu.

Misalnya, Bill Gates yang pernah mengurung diri selama satu minggu untuk memikirkan cara membuat terobosan terbaru dalam dunia teknologi.

Hasil yang didapat dari pengurungan diri ini pun berbuah manis. Bill Gates berhasil membuat Microsoft yang kini telah digunakan seluruh orang pada sistem kerja komputer.

3 dari 4 halaman

5. Menyukai Ketenangan

Salah satu latar belakang kenapa seseorang mengurung diri adalah demi mencari ketenangan. Sebab dengan ketenangan seseorang dapat berpikir lebih jernih sehingga dirinya dapat memecahkan suatu masalah dalam waktu singkat.

Ide-ide kreatif pun muncul dengan sendirinya tanpa harus dipikirkan terlebih dahulu. Sebab dengan ketenangan, orang bisa menemukan sesuatu yang melintas di benak.

7. Selalu Menyibukkan Diri

Orang kreatif bukanlah tipe orang pemalas, melainkan tipe orang yang suka menyibukkan diri sendiri. Dirinya tidak pernah mau diam karena berdiam diri membuat mereka gila. Ia haus akan aktivitas baru sehingga dirinya terdorong untuk selalu bekerja.

Jenis pekerjaan yang dilakukan orang kreatif terkadang juga tidak masuk akal sehingga mereka sering dicap negatif oleh banyak orang. Namun, mereka tidak akan pernah peduli selagi apa yang dikerjakannya tidak menganggu dan merugikan kehidupan orang lain.

4 dari 4 halaman

7. Terbuka Terhadap Hal-Hal Baru

Sifat yang out of the box menjadikan orang kreatif sangat terbuka terhadap segala kritikan yang diberikan kepadanya. Setiap kritikan dipandang sebagai hal positif yang bisa membawa mereka ke arah yang lebih baik.

Tidak hanya kritikan saja, komentar berupa pujian, masukan, dan nasihat juga akan selalu diterima terutama jika ada kaitannya dengan hal-hal baru.

8. Sangat Menghargai Waktu

Sifat yang tidak pernah mau diam membuat orang kreatif sangat menghargai waktu. Satu menit sekalipun tidak akan pernah disia-siakan untuk hal-hal percuma, tetapi dimanfaatkan untuk bereksperimen dan membuat temuan baru.

Bahkan, liburan akhir pekan sekalipun benar-benar dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tersisa pada hari-hari sebelumnya.

Jadilah Orang Kreatif yang Cerdas dengan Maksimalkan Potensi Diri

Kebanyakan orang kreatif memang mereka yang terlahir dengan otak yang cerdas. Namun, hal ini bukanlah tolak ukur mutlak untuk menilai kreativitas seseorang. Ada orang yang kreatif, tapi tidak cerdas. Namun, ada juga orang yang cerdas, tapi tidak kreatif.

Beruntunglah jika Anda terlahir sebagai orang kreatif yang cerdas. Sebab dengan anugerah ini Anda bisa memaksimalkan potensi diri untuk menghasilkan sesuatu yang lebih pada masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini