7 Tips Menghindarkan Anak dari Kecanduan Gadget

Oleh Liputan6.com pada 29 Des 2019, 16:02 WIB
Diperbarui 29 Des 2019, 16:02 WIB
Anak bermain gadget

Liputan6.com, Jakarta Pengaruh teknologi begitu banyak pada anak dan mereka akan diterjang oleh kecanduan itu. Tidak diragukan lagi, teknologi pasti bisa bermanfaat bagi anak dalam beberapa cara dan dapat membantu orang tua dalam menjaga anak.

Sementara, orang tua yang sibuk dalam beberapa pekerjaan lain, teknologi justru dianggap dapat menyebabkan kerusakan pada anak mereka.

Sebagai orang tua, itu menjadi tanggung jawab Anda untuk mengajari anak Anda cara yang benar untuk menggunakan teknologi, terutama smartphone.

Untuk itu, Anda tidak perlu menelusuri cara-cara untuk mendidik anak Anda karena kami telah mencatat beberapa tips yang dapat datang berguna untuk Anda versi Bold Sky

2 dari 4 halaman

Berikut Tipsnya

1. Menetapkan Beberapa Aturan dan Pedoman

Dalam rangka untuk membuat anak Anda memupuk kebiasaan yang lebih baik menggunakan internet atau teknologi lainnya 2.

Mengetahui Aktivitas Anak Anda di InternetJika Anda berpikir menyerahkan smartphone atau video game dapat menjaga anak-anak, dan memberi Anda beberapa waktu untuk fokus pada pekerjaan yang anda lakukan, maka ini dapat menjadi bumerang.

Oleh karena itu, anak Anda mungkin akan melalui situs web yang tidak pantas atau dapat merusak gadget yang mereka gunakan, pada saat ketidakhadiran Anda.

2. Mengetahui Aktivitas Anak di Internet

Jika Anda berpikir menyerahkan smartphone atau video game dapat menjaga anak-anak Anda, dan memberi Anda beberapa waktu untuk fokus pada pekerjaan yang anda lakukan, maka ini dapat menjadi bumerang Anda.

3. Pantau Kegiatan Anak Saat Menggunakan Gadget

Anda dapat memastikan bahwa mereka menggunakannya bila diperlukan dan menghindari penggunaan jika tidak perlu.

 

Pantau anak bermain gadget menggunakan aplikasi
(Orangtua bisa pantau anak bermain gadget/Sumber: families.google.com)

4. Ikut Menonton di Sebelah Anak

Meskipun Anda melihat anak Anda menonton sesuatu di layar laptop, smartphone, atau televisi mereka, cobalah untuk berpartisipasi di dalamnya. Awalnya, anak Anda mungkin menunjukkan ketidaksetujuan mereka atas ini, tetapi Anda dapat menjelaskan kepada mereka betapa baiknya untuk menonton bersama-sama

3 dari 4 halaman

Bersosialisasi Itu Penting

Anak-anak sedang bermain
Lompat tali karet. (Via: instagram.com/leewarrentn)

5. Jaga Intensitas Berkomunikasi Tatap Muka

Hal ini dapat mencegah mereka dari kecanduan teknologi. Pada dasarnya, teknologi memang memudahkan komunikasi antar jarak dan waktu. Namun, bentuk komunikasi yang terbaik tetap pada obrolan tatap muka.

6. Biarkan Anak Anda Mengetahui Manfaat dan Bahaya Teknologi

Anda dapat memberitahu anak Anda tentang keuntungan dan kerugian dari menggunakan teknologi. Anda dapat berbicara tentang seberapa berlebihan penggunaan teknologi dapat mempengaruhi penglihatan dan studi mereka.

Tapi pastikan apa pun yang Anda katakan didukung dengan contoh konkret dan fakta.

7. Dorong Mereka untuk Bersosialisasi dengan Orang Lain

Terlepas dari semua ini, fokus Anda harus pada mendorong anak Anda untuk bersosialisasi dengan orang lain dan mendorong mereka untuk mencoba permainan di luar ruangan, seperti berolahraga atau permainan tradisional.

4 dari 4 halaman

Tetap Ajarkan Anak Bijak dalam Berteknologi

Selain itu, dengan mendorong mereka untuk menikmati kegiatan sosial, Anda akan memberi mereka kesempatan untuk mengenal orang dalam kehidupan nyata.

Tidak dapat disangkal bahwa teknologi telah membuat kita menjadi ketergantungan. Tetapi dengan penggunaan teknologi yang tak terbatas dan tidak perlu, orang cenderung membahayakan diri mereka sendiri karena selama periode waktu itu melepaskan Anda dari yang dekat.

Meskipun hal itu dapat menguntungkan anak Anda dalam banyak hal, Anda perlu memastikannya tidak membunuh ruang keluarga dan teman.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Lanjutkan Membaca ↓