Pengusaha Sukses Tak Pernah Rasakan 5 Jenis Emosi Ini

Oleh Siska Amelie F Deil pada 06 Des 2019, 10:28 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 11:17 WIB
perempuan sukses berbisnis

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi, jika rahasia mencapai kesuksesan tak melulu soal kerja keras dan disiplin. Kecerdasan emosional dalam mengendalikan diri ternyata dapat menjadi salah satu kunci sukses saat Anda menari di panggung bisnis.

Melansir laman Lifehack.org, Jumat (6/12/2019), para pengusaha sukses mampu mengabaikan berbagai perasaan negatif yang dapat menjerumuskan dirinya pada kegagalan. Mereka bahkan selalu bisa mengubah emosi negatif menjadi energi positif untuk meraih kesuksesannya.

Patut dicontoh, berikut lima emosi yang tak pernah dirasakan pengusaha sukses:

1. Cemas

Berbeda dengan orang biasa, para pengusaha memiliki banyak kecemasan. Namun lagi-lagi, para pengusaha sukses selalu mampu mengendalikan rasa cemasnya. Mereka justru merasa perasaan cemas hanya membuang energi dan tak berguna dalam membangun bisnis.

Perasaan cemas diyakini mampu mengganggu fokus bisnis yang justru nantinya berujung pada kegagalan.

2. Kecewa

Kekecewaan merupakan emosi yang biasa dirasakan banyak orang. Sebagai pengusaha sukses, meski kecewa, tapi mereka tak pernah larut dalam kekecewaan itu sendiri.

Para pengusaha akan membalikan rasa kecewa tersebut dengan cara yang konstruktif demi mencapai tujuan-tujuan bisnisnya. Rasa kecewa yang dirasakan selalu mampu berbalik menjadi gagasan-gagasan bisnis yang brilian.

 

 

2 dari 2 halaman

3. Iri

Makin Seksi, Ini Tips Kembangkan Bisnis Travel Saat ini
Tips sukses.

 

Pengusaha sukses tak pernah merasa iri. Sebaliknya, mereka memandang kesuksesan para kerabatnya sebagai bentuk nyata dari sebuah kerja keras.

Pengusaha cerdas justru akan tertarik mempelajari kesuksesan kolega lain dan mencetak inovasi yang lebih baik. Lagipula, rasa iri hanya memperlihatkan kemampuan seseorang dalam menampilkan sesuatu yang lebih baik di dunia bisnis.

4. Putus asa

Putus asa merupakan saat di mana seseorang kehilangan harapan untuk bergerak maju. Namun tidak begitu dengan para pengusaha yang selalu penuh dengan harapan. Berbagai gagasan inovatif akhirnya terlahir demi memenuhi harapan dan impiannya.

Meski begitu, bukan berarti mereka tak pernah merasa nyaris putus asa saat gagal atau menemui kendala dalam berbisnis. Hanya saja, dirinya tak pernah kehilangan harapan.

5. Cuek

Tidak antusias dan tak peduli pada banyak hal dapat menjadi faktor kegagalan besar dalam berbisnis. Baik atau buruk, sikap abai hanya berpengaruh negatif pada pengambilan keputusan penting perusahaan.

Para pengusaha selalu sukses dalam membangun hal-hal yang berkaitan dengan penyelesaian masalah yang terjadi di kalangan masyarakat. Sikap cuek dan abai akan menjadi kendala besar dalam proses tersebut. Itulah mengapa para pengusaha sukses tak pernah cuek.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait