3 Langkah Agar Kredit Rumah Cepat Lunas

Oleh Arthur Gideon pada 05 Nov 2019, 18:00 WIB
Berburu Rumah Murah di Indonesia Property Expo 2017

Liputan6.com, Jakarta - Rumah merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Oleh sebab itu tak heran jika seseorang menggunakan berbagai cara agar bisa memiliki rumah.

Salah satunya adalah membeli dengan cara Kredit atau KPR. Langkah ini menjadi pilihan favorit terutama pasangan muda. Harga rumah yang mahal bisa diakali dengan menyicil.

Biasanya pilihan kredit untuk pelunasan satu rumah dapat begitu lama, sehingga banyak orang yang begitu tenang dan santai. Bahkan cenderung tidak mengusahakan untuk mencari cara untuk melunasinya secepat mungkin dengan dalih sangat susah mengumpulkan uangnya.

Padahal ada cara agar KPR cepat lunas. Dikutip dari laman Your Money, Selasa (5/11/2019),  berikut ada 3 tips untuk cepat mengumpulkan uang guna melunasi kredit rumah:

1. Berhematlah

 

20160908-Properti-Jakarta-AY
Sebuah maket perumahan di tampilkan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Penurunan DP KPR rumah kedua dan ketiga juga turun masing-masing menjadi 20% dan 25%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mungkin kata-kata ini begitu sering Anda dengar. Namun, memang ini adalah cara terbaik untuk segera melunasi segala hutang yang ada termasuk kredit rumah yang saat ini sedang Anda ambil.

Mulailah untuk hidup hemat yang cerdas, mulai dari mengurangi kebiasaan untuk jalan-jalan ke mall, makan di luar rumah, usahakan untuk meminimalkan pengeluaran Anda sebaik mungkin. 

2 of 3

2. Mulailah Investasi Cerdas

20160908-Properti-Jakarta-AY
Sebuah maket perumahan di tampilkan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Sepanjang semester I-2016, pertumbuhan KPR mencapai 8,0%, sehingga diperkirakan pertumbuhan KPR hingga semester I-2017 menjadi 11,7%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anda memiliki investasi? Jika iya maka ini adalah waktu yang baik bagi Anda untuk menggunakannya saat simpanan Anda belum mencukupi untuk membayar cicilan kredit tersebut.

Namun jika Anda masih belum berinvestasi namun sulit menabung, maka inilah cara terbaik mengumpulkan uang untuk melunasi cicilan kredit yang merongrong. Investasi sama saja halnya menabung untuk menjaga kestabilan keuangan Anda.

3 of 3

3. Pilihlah Rumah dengan Pajak yang Aman

Berburu Rumah Murah di Indonesia Property Expo 2017
Maket rumah yang dipamerkan dalam pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/8). Pameran proyek perumahan ini menjadi ajang transaksi bagi pengembang properti di seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Namun cara terbaik yaitu pilihlah rumah dengan pembayaran pajak yang rendah agar nantinya Anda tidak susah untuk membayar. Lakukanlah survei sebanyak mungkin sebelum Anda menentukan akan membeli rumah yang mana.

Lanjutkan Membaca ↓