Sukses

5 Trik Bikin Kerja Selalu Bermakna dan Penuh Kebahagiaan

Terdapat banyak studi yang menyoroti sikap para profesional dalam mengatasi emosi saat bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan dijalankan oleh banyak orang, dan setiap orang dikendalikan oleh emosinya masing-masing. Tentu saja setiap orang menginginkan emosi positif dan kebahagiaan dalam menjalankan rutinitas sehari-hari di kantor.

Melansir laman inc.com, Senin (4/11/2019), terdapat banyak studi yang menyoroti sikap para profesional dalam mengatasi emosi saat bekerja. Hasilnya, banyak pegawai yang tak bisa menahan emosinya saat bekerja termasuk saat marah dan sedih.

Anda tentu tak ingin kehilangan makna bekerja lantaran emosi negatif yang muncul saat bekerja. Berikut lima trik membuat kerja selalu bermakna dan penuh kebahagiaan:

1. Selalu siap bekerja dengan menghargai orang lain

Tak ada yang mau membuang-buang waktu menunggu respons Anda yang terlalu lama saat meminta tugas atau menyelesaikan proyek tertentu. Rekan atau atasan pasti ingin Anda selalu siap bekerja.

Maka kapanpun Anda mendapatkan permintaan dari atasan, pastikan Anda siap tanpa merasa terbebani. Ingat, Anda dibayar untuk mengerjakan setiap tugas yang sesuai dengan jabatan Anda.

2. Anggap semua orang penting bagi Anda

Tak selalu atasan, Anda juga harus menghargai dan menghormati rekan kerja Anda. Caranya sederhana saja, buat rekan dan atasan merasa dirinya penting bagi Anda dan pekerjaan.

Anda bisa menyapa setiap orang yang Anda kenal di kantor Anda dengan baik. Kondisi tersebut dapat membuat orang yang disapa merasa dihargai dan itu penting dalam membuat perasaan Anda lebih baik di kantor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Saling bercerita

 

Kedekatan emosi antar pegawai dan dengan atasan dapat menjadi cara efektif untuk membuat Anda merasa nyaman di kantor. Salah satu trik paling mudah untuk cepat akrab adalah saling bercerita tentang kehidupan pribadi.

Biarkan rekan Anda juga menceritakan kisah serupa. Dengan saling mengenal, dapat membuat Anda lebih mudah menikmati berbagai pekerjaan di kantor.

4. Hentikan berpikir negatif

Dunia tampak sangat suram jika kepala Anda selalu diisi dengan pikiran negatif. Menyalahkan diri sendiri atau orang lain bahkan dapat menjadi resep utama dari depresi.

Buanglah pikiran-pikirang tidak penting dari kepala Anda dan mulai melihat suasana kantor dengan pikiran positif. Hal ini dapat membuat Anda merasa bahagia meski dengan setumpuk kesibukan di kantor.

5. Selalu optimis

Bangun di pagi hari dan nikmati sejenak waktu sebelum berangkat bekerja. Tahukah Anda, bahwa profesional paling produktif sekalipun selalu menyempatkan waktu untuk berpikir optimis sebelum memulai kegiatan.

Meski tentu saja, pikiran optimis tersebut harus disertai dengan pikiran realistis. Fokus pada masa depan, tentukan target-target ambisius, beranikan diri mengatasi berbagai kendala, dan ingat untuk tetap ceria dalam melalui setiap prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini