4 Trik Usir Stres dan Nikmati Hari Libur

Oleh Siska Amelie F Deil pada 02 Nov 2019, 18:19 WIB
Ilustrasi Stress

Liputan6.com, Jakarta Kapan terakhir kali Anda memberikan waktu untuk diri sendiri dan benar-benar menikmatinya?. Pasalnya, saat ini banyak orang yang waktunya habis terkuras untuk bekerja dan kerap menghadap komputer hampir setiap hari.

Dalam 10 tahun terakhir, tingkat stres pada para pegawai terus meningkat. Sekitar 80 persen dari pegawai mengaku dirinya selalu disibukkan dengan pikiran tentang pekerjaan.

Tentu saja ada pilihan untuk menghindari situasi yang penuh tekanan tersebut. Melansir laman lifehack.org, Sabtu (11/2/2019) berikut empat trik yang bisa Anda lakukan untuk mengusir stres dan benar-benar santai di hari libur:

1. Konsumsi makanan lezat

Relaksasi terbaik tak akan lengkap tanpa makanan yang lezat. Perlakukan dirimu secara istimewa dengan mengkonsumsi makanan yang lezat yang sangat ingin Anda makan.

Tak perlu khawatir untuk membeli junk food jika itu dapat membuat Anda bahagia di hari libur. Siapa pula yang tak suka dengan pizza dan burger?

2. Melakukan kreativitas tertentu

Kesibukan sehari-hari mungkin saja membuat Anda melakukan hobi yang disenangi. Berkebun, bermain instrumen musik, atau sekadar melukis dapat mengusir stres dan memicu semangat beraktivitas.

Yang terpenting adalah Anda melakukannya. Jika Anda tak memiliki hobi, bisa mencoba menggambar, atau melakukan apa saja. Jangan batasi diri.

 

2 of 2

Hal Lain

stres
Ilustrasi stres (iStockphoto)

3. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Rutinitas kerja sehari-hari seringkali membuat Anda sulit untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri. Bukan lagi soal pergi piknik atau makanan minuman, tapi lebih pada melakukan sesuatu yang sulit Anda lakukan di hari kerja.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri dan menikmati setiap kegiatan yang sangat ingin Anda lakukan, akan menghapus gumpalan stres di kepala Anda. Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat guna meraih kebahagiaan yang sesungguhnya.

Yang terpenting, berikan waktu untuk Anda melakukan apapun yang diinginkan.

4. Tidur

Di hari kerja, Anda harus disiplin dan bangun pagi hari agar tidak terlambat berangkat ke kantor. Di hari libur, jangan terlalu tegas pada diri sendiri.

Anda bisa bermalas-malasan, bangun tidur lebih siang. Jika tidak ingin melakukan kegiatan apapun, Anda bisa menonton tv hingga tertidur. Nikmati hari Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait