Trik Turunkan Berat Badan Meski Sibuk Kerja di Kantor

Oleh Siska Amelie F Deil pada 29 Okt 2019, 08:00 WIB
Bekerja di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Hampir lebih dari setengah hari, sebagian pegawai menghabiskan waktu di tempat kerja. Bagi yang berbobot badan lebih dari ideal, pekerjaan di kantor tentu menguras waktu Anda untuk berolahraga.

Kondisi kerja bahkan ikut juga membuat Anda menjadi sering makan. Duduk di depan komputer dalam waktu lama juga dapat memicu kebiasaan mengunyah kudapan lebih banyak.

Namun tenang saja, melansir laman boldsky, Selasa (29/10/2019), Anda bisa tetap menurunkan berat badan saat berada di kantor bahkan meski sambil bekerja.

Semua itu juga harus dibarengi dengan menjaga pola makan saat berada di kantor. Simak lima trik berikut dan cobalah melakukannya:

1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet sambil bekerja dapat mengurangi stres, rasa cemas dan penumpukan lemak di tubuh Anda. Jadi pastikan Anda mengunyah permen karet di jam kerja dibandingkan mengunyah berbagai kudapan manis yang hanya menambah berat badan.

2. Minum air sebanyak-banyaknya

Di jam kerja, Anda biasanya jarang minum. Hentikan kebiasaan tersebut, dan pastikan Anda minum air sebanyak-banyaknya saat bekerja di kantor. Menurut American Council Of Exercise, para wanita karir harus minum sedikitnya 2,7 liter air per hari. Sementara pria harus mengkonsumsi sedikitnya 2,8 liter air saat berada di kantor.

Konsumsi air yang cukup dapat membantu proses pencernaan dan mengurangi berat tubuh Anda. Selamat mencoba.

 

2 of 2

3. Membawa kudapan sehat

Bekerja di Kantor
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

 

Jika Anda lapar jangan konsumsi goreng-gorengan. Sebagai pilihan, jadikanlah makanan sehat seperti biskuit gandum, selai kacang,apel, pisang, timun untuk kudapan di meja kerja. Tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi, itu juga akan membantu Anda cepat merasa kenyang. Dengan begitu, berat badan Anda akan turun lebih cepat.

4. Naik tangga

Bagi Anda yang bekerja di kantor dengan lebih dari satu lantai, sebaiknya hindari menggunakan lift. Selalu gunakan tangga jika Anda memang bersungguh-sungguh ingin menurunkan berat badan.

Anda bahkan tak akan menyadari saat berat badan turun jika melakukannya rutin setiap hari. Demi membakar lebih banyak kalori segera berhenti menggunakan elevator.

5. Berjalan selama dua menit per jam

Di sela kerja, sempatkan untuk berjalan selama dua menit setiap satu jam sekali. Jangan hanya berjalan selama 20 detik untuk sekadar mengambil minum dan duduk kembali.

Menurut Clinical Journal of the American Society of Nephrology, berjalan dua menit per satu jam dapat membakar penumpukan kalori selama Anda duduk bekerja.

Lanjutkan Membaca ↓