Sukses

5 Manfaat Pakai Lampu LED yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Lampu LED kini dapat diperoleh di mana saja.

Liputan6.com, Jakarta Dari zaman ke zaman, teknologi pencahayaan terus mengalami perkembangan. Hingga saat ini, lampu LED (Light Emitting Diodes) tercatat sebagai perkembangan teknologi paling canggih di industri pencahayaan.

Melansir laman Lifehack.org, Kamis (24/10/2019), LED dikenal lebih hemat energi, dan tahan lama. Dibandingkan bola lampu pada umumnya yang tak bisa bertahan lama, lampu LED tercatat mampu bertahan hingga 60 ribu jam.

Selain itu, lampu LED kini dapat diperoleh di mana saja. Lebih lengkapnya, berikut lima manfaat menggunakan lampu LED:

1. Hemat energi

LED dikemas dengan daya yang cukup dan menghabiskan listrik 90 persen lebih rendah dibandingkan bola lampu lain. Karena hemat listrik, maka penggunaan lampu LED dapat memangkas biaya listrik di rumah Anda secara signifikan.

Dengan memanfaatkan lampu ini, Anda dapat menghemat uang dan energi sekaligus.

2. Tahan lama

Lampu LED dapat menyala hingga 60 ribu jam dibandingkan bola lampu pada umumnya yang hanya bertahan 1.500 jam. Bahkan lampu LED berteknologi lebih canggih mampu bertahan hingga lebih dari 7 tahun dengan penggunaan terus menerus tanpa diganti.

Tentu saja ketahanan ini memangkas biaya pemeliharaan rumah dengan biaya listrik yang rendah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain

3. Keamanan

Keamanan yang lebih terjamin merupakan manfaat mencolok lain dari lampu LED. Lampu ini hampir tidak memberikan panas, dan dapat tetap dingin dalam keadaan menyala. Lampu LED mengurangi potensi bahaya keamanan seperti api dan kebakaran.

4. Ramah lingkungan

Dibuat dari bahan non-toxic, lampu LED dikenal ramah lingkungan. Berbeda dengan neon yang dikenal menggunakan merkuri dan dapat berbahaya bagi lingkungan.

Dikenal ramah lingkungan, LED juga dapat didaur ulang.

5. Variasi warna

Menawarkan warna dasar yang bervariasi seerti merah, biru, dan putih terang membuat LED cocok menjadi pilihan. Warna-warnanya juga dapat dicampur guna menghasilkan pilihan warna yang lebih variatif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini