Studi: Karyawan Lebih Rajin Kerja Kalau Punya Bos Baik

Oleh Siska Amelie F Deil pada 22 Okt 2019, 08:00 WIB
Tips bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Merasa karyawan di kantor tidak mengerahkan seluruh kemampuannya saat bekerja?. Bagi para atasan, memberikan kadar kebaikan dan simpati yang tepat pada karyawan dapat menjadi trik ampuh untuk memicu produktivitasnya dalam bekerja.

Melansir laman Studyfinds.org, Selasa (22/10/2019), para peneliti dari Binghamton University menemukan bahwa dengan bersikap baik saja, menunjukkan ketertarikan secara personal dan profesional dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan di kantor. Tak hanya itu, seluruh kinerjanya juga dapat meningkat tajam.

"Menunjukkan sikap yang lebih akrab terbilang penting karena itu dapat mengubah persepsi karyawan pada atasannya," ungkap Asisten Profesor Pendidikan Manajemen di Binghamton University, Chou-Yu Tsai.

Menurutnya, jika karyawan merasa atasan menunjukkan kepedulian, Anda juga akan merasa lebih serius saat bekerja padanya.

Tsai dan tim peneliti internasional mencoba menentukan seberapa signifikan pengaruh sikap baik atasan pada karyawan.

Dalam penelitiannya, Tsai melakukan survei pada 1.000 anggota militer dan hampir 200 pegawai yang bekerja dari pagi hingga sore. Terdapat tiga pilihan tipe kepemimpinan bagi para subjek yakni authoritarianism-dominant, benevolence-dominant, dan classical paternalistic leadership.

Hasilnya, benelovence leader atau atasan yang peduli terhadap para karyawannya terbukti selalu mampu meningkatkan kinerja pegawai. Maka para peneliti menyimpulkan bahwa menunjukkan kebaikan dan kepedulian sangat berpengaruh positif pada produktivitas pegawai.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 2

Dengarkan Musik Favorit Sebelum ke Kantor Bikin Kerja Makin Produktif

musik
ilustrasi mendengar musik/copyright by mentatdgt from Shutterstock

Mengawali pekan untuk bekerja memang seringkali terasa berat. Terlebih jika jalur yang Anda lewati dalam perjalanan ke kantor terbilang padat.

Seringkali karenanya, Anda menghabiskan waktu hingga berjam-jam di perjalanan dan mulai merasa jenuh bahkan sebelum mulai bekerja.

Mengutip laman Economic Times, Senin (21/10/2019), perasaan jenuh tak akan muncul jika dalam perjalanan ke kantor, Anda mendengarkan lagu favorit pribadi.

Merelaksasi diri dengan mendengarkan lagu favorit dalam perjalanan ke kantor dapat juga mengusir rasa penat dan jenuh. Tak hanya bagi Anda yang terjebak macet, tapi juga bagi mereka yang tinggal jauh dari kantor.

Dengan begitu, Anda akan tiba di kantor dengan perasaan tenang. Dalam berbagai studi, perasaan bahagia di pagi hari dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Meski, Pimpinan Technopac Advisors Arvind Sharmand menjelaskan, cara ini belum berhasil diterapkan para pegawai yang menyetir kendaraan sendiri di kantor. Pasalnya para pengendara harus berkonsentrasi penuh guna menjaga keselamatannya.

Namun masih ada cara lain yang bisa digunakan para pengendara kendaraan bermotor agar tetap bisa meningkatkan produktivitas kerja lewat perjalanan ke kantor. Salah satu cara termudah adalah dengan mendengarkan radio.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓