Dianggap Bersih, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bahaya Buat Kesehatan

Oleh Siska Amelie F Deil pada 18 Okt 2019, 08:00 WIB
Sering keramas

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang percaya bahwa dengan menjaga kebersihan diri, kesehatan akan ikut terlindungi. Berbagai kebiasaan dilakukan setiap harinya guna menjaga diri tetap bersih, seperti menggunakan hand sanitizer sebelum makan.

Sudahkah Anda mengecek bahwa seluruh kebiasaan yang dianggap bersih mampu menghindarkan Anda dari segala bentuk penyakit. Faktanya, justru ada beberapa kebiasaan menjaga kebersihan yang dapat mengganggu kesehatan.

Berikut lima kebiasaan yang dianggap bersih tapi ternyata berbahaya bagi kesehatan seperti dilansir dari boldsky.com, Jumat (18/10/2019):

1. Bersin sambil menutup hidung dengan tangan

Kebiasaan menutup mulut dan hidung menggunakan tangan saat bersin seringkali dianggap sebagai sikap yang sopan. Tapi tahukah kamu betapa bahayanya kebiasaan tersebut jika kamu tidak langsung mencuci tangan.

Jika kamu langsung menyentuh uang, makanan atau berjabat tangan dengan orang lain, bakteri akan mudah tersebar ke banyak orang. Jadi, lebih baik bersin sambil menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan.

2. Keramas setiap hari

Beberapa di antara kita menganggap mencuci rambut setiap hari adalah kebiasaan yang bersih. Ternyata, keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala yang berfungsi menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Mencuci rambut setiap hari membuat rambut terlihat kering dan lepek. Sebaiknya cuci rambut 3-4 kali setiap minggu.

 

2 of 2

3. Berlebihan menggunakan hand sanitizer

cuci tangan
ilustrasi mencuci tangan/copyright Pexels/Burst

 

Sebagian besar dari kita kini membawa hand sanitizer (pembersih tangan) ke manapun kita pergi. Meski kebiasaan ini bersih, tapi melakukannya berkali-kali dalam sehari justru dapat menyebabkan bakteri menjadi kebal.

Tentu saja penggunaan hand sanitizer menjadi tak efektif lagi. Lebih dari itu, penggunaan berlebihan juga dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon di mana cairan kimia dapat masuk ke dalam tubuh lewat mulut.

4. Mandi air panas

Berdiri di bawah guyuran air panas biasanya terasa membuat badan lebih bersih. Apalagi terjadi dalam waktu lama. Namun ternyata kebiasaan ini dapat merusak kulit.

Air panas ternyata dapat menghapus minyak pelindung alami di kulit dan menyebabkan kulit kering hingga pecah-pecah. Jadi lebih baik mandilah dalam waktu singkat dengan menggunakan air hangat kuku.

5. Menggunakan mesin pengering tangan

Sebagian dari kita menggunakan mesin pengering tangan (hand dryer), khususnya saat berada di tempat kerja atau restoran. Kebiasaan yang dianggap bersih ini ternyata dapat menganggu kesehatan.

Menurut sejumlah riset, mengeringkan tangan di bawah mesin pengering tangan tak akan menghilangkan bakteri secara menyeluruh. Sebaliknya, bakteri dari tangan satu orang dapat menyebar melalui udara ke seluruh penjuru ruangan.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait