Sukses

Kena Abu Gunung Kelud, Ratusan Kotak Suara di Malang Rusak

Dampak debu vulkaniknya juga mengancam persiapan Pemilu 2014 lantaran kotak suara rusak terkena abu Gunung Kelud.

Bencana letusan Gunung Kelud tak hanya merusak rumah, sarana umum, dan lahan pertanian milik warga di Malang, Jawa Timur, saja. Dampak debu vulkaniknya juga mengancam persiapan Pemilu 2014 lantaran kotak suara rusak terkena abu Gunung Kelud.
 
Data yang didapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, dari total 500 kotak suara sebanyak 230 kotak suara di antaranya rusak. Kotak suara yang rusak itu seluruhnya berada di wilayah Kecamatan Ngantang.
 
"Ada sekitar 230 kotak suara yang rusak terdampak bencana erupsi Gunung Kelud," kata Komisioner KPU Kabupaten Malang Divisi Perencanaan, Anggaran dan Logistik, Ummar Khayyan di Malang, Sabtu (22/2/2014).
 
Kerusakannya itu disebabkan kotak suara yang sudah tertata di kantor panitia pemilihan kecamatan (PPK) tertutup debu vulkanik dengan ketebalan 10 cm hingga 25 cm. Dampaknya, kotak suara rusak tak kuat menahan beban abu vulkanik.
 
Sebagai solusi, KPU Malang sudah melaporkan kerusakan tersebut ke KPU Pusat. Bisa juga dengan meminjam kotak suara dari daerah terdekat seperti KPU Kota Batu. Sementara kotak suara cadangan milik Kabupaten Malang, kondisinya belum siap sepenuhnya.
 
"KPU Kota Batu punya 50 kotak suara cadangan yang bisa kita akan pinjam. Sisa kekurangannya mungkin bisa diganti oleh KPU Pusat atau dicarikan solusi lainnya," ungkap Ummar.
 
Di Kecamatan Ngantang terdapat 113 TPS yang tersebar di 13 desa dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 43.895 suara. (Mut)

Baca juga:

Harga Cabai Meroket Setelah Letusan Gunung Kelud

Bersih dari Abu Kelud, Keraton Yogyakarta Diserbu Pengunjung

Pastikan Tak Ada `Wedus Gembel` Marinir Tembus Kawah Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.