Sukses

[VIDEO] Pengungsi Kelud di Malang Mulai Bersih-bersih Rumah

Kembalinya para pengungsi dari tempat pengungsian ke desa Pandansari, Ngantang, Malang membuat kampung hidup kembali.

Meski ribuan pengungsi Gunung Kelud di Malang, Jawa Timur telah kembali ke rumahnya masing-masing, mereka masih harus bersabar. Sebab mereka harus lebih dulu membersihkan rumahnya yang rusak berat sebelum akhirnya dapat dihuni kembali.

Seperti yang ditayangkan dalam Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (22/2/2014), kembalinya para pengungsi dari tempat pengungsian ke desa Pandansari, Ngantang, Malang membuat kampung hidup kembali. Kampung tersebut bak kota mati setelah diguyur hujan debu vulkanik Gunung Kelud selama kurang lebih 1 pekan di tinggal penghuninya mengungsi.

Pekerjaan pertama yang bisa dilakukan warga ialah membersihkan rumah serta perabot rumah tangga. Tak sedikit warga yang harus membersihkan rumah mereka sebelum benar-benar layak dihuni kembali. Sebagian besar warga pun saat ini masih tinggal di pengungsian yang berdekatan dengan kampung mereka, sambil menunggu rumah siap huni.

Sedangkan di Desa Puncu, Kediri, Jawa Timur banyak pengungsi yang belum bisa pulang ke rumah masing masing karena rumahnya rusak berat. Para pengungsi memilih bertahan di pengungsian karena rumahnya belum bisa ditempati.

Untuk mengatasi masalah ini, Satlak penanggulangan bencana Kabupaten Kediri membuatkan penampungan baru di SDN Puncu 2. (Mhs/Ali)

Baca juga:

[VIDEO] Pundi Amal SCTV Salurkan Bantuan ke Korban Gunung Kelud

[VIDEO] Akibat Letusan Gunung Kelud, Petani Kediri Gagal Panen

[VIDEO] Status Kelud Jadi Siaga, Warga Malang Pulang ke Rumah

[VIDEO] Rp 1 Miliar Dikucurkan untuk Renovasi Desa Damarwulan




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.