Sukses

Jembatan Putus Akibat Lahar Kelud, Bantuan Dikirim ala Flying Fox

Seluruh warga yang terisolir saat ini dalam kondisi selamat tanpa ada yang luka. Sebab mereka berada di wilayah yang relatif aman.

Sedikitnya 312 warga Dusun Klangon, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Malang terisolir lantaran jembatan dusun putus akibat hantaman banjir lahar dingin. Saat ini petugas gabungan masih berupaya melakukan evakuasi serta mengirim logistik untuk bantuan makanan kepada korban letusan Gunung Kelud yang terisolasi.

"Langkah yang kita ambil sementara ini dengan cara memasang tali seperti flying fox dengan jarak lebar kiri kanan 5 meter untuk mengirim logistik," kata Kepala Bidang Darurat Tanggap Bencana BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setyono di Malang Jawa Timur, Rabu (19/2/2014).

Banjir di Sungai Konto sendiri sudah mulai surut. Meski demikian, petugas belum bisa membangun jembatan darurat untuk mengevakuasi warga. Di dusun tersebut, Bagyo menyebut ada 19 relawan yang turut terisolir.

"Melalui relawan itu pula kita berbagi informasi dengan cara menulis di bekas kardus dan dikirim lewat tali itu," papar Bagyo.

Bagyo menjelaskan, seluruh warga yang terisolir saat ini dalam kondisi selamat tanpa ada yang luka. Sebab mereka berada di wilayah yang relatif aman dari luapan banjir lahar dingin di sungai Konto.

"Semua selamat dan dalam kondisi aman karena berada dalam radius aman dari banjir. Karena itu kita tak memaksa dilakukan evakuasi," pungkasnya. (Adm/Riz)

Baca Juga:
Lahar Dingin Kelud Putuskan Jembatan, Warga Pandansari Terisolir
Lahar Dingin Kelud Mengancam, Warga Malang Belum Boleh Pulang
Diterjang Lahar Dingin Kelud, Desa Pandansari Ngantang Terisolir
2 Korban Banjir Lahar Dingin Kelud Berhasil Dievakuasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini