Sukses

[VIDEO] Bandara Yogya Dibuka, Banyak Penumpang Gagal Terbang

Sejumlah penumpang di Bandara Adisutjipto harus kembali menelan pil pahit karena lagi-lagi mereka gagal terbang.

Beroperasinya kembali Bandara Adisutjipto diawali dengan uji coba awal oleh pesawat Hercules milik TNI AU setelah dianggap memungkinkan pesawat Mandala Air RI 172 dari Pekanbaru, Riau, menjadi pesawat komersial pertama yang melakukan pendaratan tepat pukul 12.00 WIB.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (19/2/2014), keberangkatan perdana dilakukan Pesawat Garuda bernomor penerbangan GA 201 rute Yogyakarta-Jakarta pada pukul 12:20 WIB.

Seiring dibukanya Bandara Adisucipto, antrean panjang calon penumpang hingga ratusan meter langsung terlihat di loket-loket penjualan tiket. Para pengantre umumnya mereka yang telah bolak-balik bandara menunggu kepastian terbang.

Namun sejumlah penumpang harus kembali menelan pil pahit karena lagi-lagi mereka gagal terbang. Sedikitnya 3 maskapai penerbangan yang tergabung dalam Lion Grup, yaitu Lion Air, Batik Air, dan Wings Air menyatakan belum dapat beroperasi karena proses pembersihan pesawat dari abu vulkanik belum selesai.

Bandara Internasional Adisutjipto sempat tidak beroperasi selama 5 hari akibat lapisan tebal abu vulkanik yang menyelimuti landas pacu hingga pesawat pasca meletusnya Gunung Kelud.

Kini pihak bandara berharap beroperasinya bandara dapat kembali menggerakkan roda perekonomian di wilayah tersebut. (Dan/Yus)

Baca juga:

Siap Dibuka, Pembersihan Abu Bandara Adi Soemarmo Hampir Kelar
[VIDEO] Abu Kelud, Bandara Adi Soemarmo Batal Dibuka Hari Ini
Pembersihan Abu Selesai, Bandara Adisutjipto Kembali Beroperasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.