Sukses

Bantu Korban Kelud, Sultan HB X Meluncur ke Kediri

Keberangkatan Raja Yogya ini untuk menyerahkan bantuan dan dialog dengan pemerintah daerah Kediri terkait penanganan bencana Kelud.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X bersama rombongan berangkat ke Kediri, Jawa Timur. Keberangkatan Raja Yogya ini untuk menyerahkan bantuan dan dialog dengan pemerintah daerah Kediri terkait penanganan bencana letusan Gunung Kelud.

"Aku durung ngerti (belum mengerti). Makanya nanti kita dialog di sana besok. Ini kan 6 jam perjalanan baru ketemu besok. Besok pulang jam 10 dari sana," kata Sultan sebelum berangkat bersama rombongan di Kepatihan, DIY, Rabu (19/02/2014).

Sultan rencananya hanya satu hari di Kediri untuk menyerahkan bantuan dan membahas penanganan bencana. Pemprov DIY akan menyerahkan bantuan untuk masyarakat Kediri yang terdampak erupsi.

Bantuan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dan wanita. Serta bahan bangunan seperti genteng, reng, dan kayu. Barang-barang yang diberikan ini sesuai permintaan Pemkab Kediri.

"Mereka tidak mau terima uang, mereka butuh barang-barang. Mereka minta untuk mbantu rumah mereka yang rusak," kata Sultan. "Ada 14 truk reng, usuk (kayu), genting, makanan siap saji dan saya tambahi kebutuhan anak-anak dan wanita."

Sementara, Bupati Bantul Sri Surya Widati yang ikut dalam rombongan akan memberikan bantuan genteng dan uang. Pemkab Bantul membantu warga terdampak erupsi gunung Kelud dengan 5 truk yang membawa genteng dan uang senilai 50 juta. Uang ini menurut Sri berasal dari saweran PNS Bantul dan dana tak terduga.

"Kita juga bantu Sinabung juga, ya total Rp 200 juta. Rp 100 juta untuk Kediri, yang Rp 100 juta untuk Sinabung," kata Sri.

Sultan hari ini berangkat ke Kediri ditemani Walikota Yogya, Bupati Bantul, Kepala BPBD DIY dan kepala dinas terkait. Sultan menggunakan mobil pribadinya yang diikuti belasan rombongan. Belasan rombongan ini berangkat dari Kompleks Kepatihan pukul 11.00 WIB. (Ism/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.