Sukses

[VIDEO] Lahar Dingin Kelud Porak-poranda Rumah di Kediri

Kondisi 10 rumah di Desa Damarwulan Kandangan, Kediri, Jawa Timur, petang kemarin rusak diterjang banjir lahar hujan dari Gunung Kelud.

Kondisi 10 rumah di Desa Pucung, Kecamatan Kandangan, dan Desa Damarwulan, Kediri, Jawa Timur, petang kemarin rusak parah diterjang banjir lahar hujan dari Gunung Kelud. Derasnya terjangan banjir yang datang tiba-tiba mengakibatkan sejumlah rumah hancur dan terendam lumpur. Warga pun tidak sempat menyelamatkan harta benda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV,  Rabu (19/2/2014), jembatan Damarwulan yang menghubungkan Kediri dengan malang sudah kembali di buka setelah sempat ditutup akibat derasnya aliran lahar dingin.

Warga diminta mewaspadai ancaman banjir lahar dingin karena intensitas hujan cukup tinggi, dan material sisa letusan masih menumpuk disekitar puncak kelud.

Terjangan lahar dingin melewati Sungai Konto dari Ngantang hingga Dam Gude yang membawa material berupa pasir dan jutaan kubik kayu dan sampah dari Gunung Kelud. Hal itu mengakibatkan Dam Gude di Desa Bugasur Kecamatan Gudo, Jombang, Jawa Timur, tersumbat sepanjang 100 meter.

Puluhan warga bersama polisi melakukan pembersihan dengan alat seadanya agar air bisa mengalir dan tidak merusak tanggul. Akibat tersumbat ratusan kubik kayu, hanya 2 dari 4 pintu air di Dam Gude yang bisa berfungsi mengalirkan derasnya arus Sungai Konto. (Dan/Ism)

Baca juga:

Tinggalkan Malang, SBY Terbang ke Sulsel
[VIDEO] Banjir Lahar Dingin di Desa Laharpang Kediri Surut
[VIDEO] Banjir Lahar Dingin Terjang Dam Gladak Blitar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.