Sukses

[VIDEO] Jembatan Damarwulan Ditutup Akibat Banjir Lahar Dingin

Banjir lahar dingin menerjang sejumlah rumah di Kediri, Jawa Timur. Jembatan yang menghubungkan Kediri-Malang terpaksa ditutup.

Lahar dingin yang mengalir dari puncak Gunung Kelud sejak pukul 16.00 WIB menerjang sejumlah rumah di Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air yang datang begitu cepat melewati Sungai Konto sempat mengagetkan warga. Bahkan mereka tidak sempat lagi menyelamatkan harta benda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (19/2/2014) dini hari, mengantisisipasi adanya korban, polisi terpaksa menutup Jembatan Damarluwan yang menghubungkan wilayah Kediri dengan Malang.

Polisi langsung mengalihkan arus lalu lintas ke jalur lain, sebab derasnya lahar dingin yang turun juga membawa material gunung. Hal ini membahayakan kendaraan yang melewati jembatan yang di bawahnya mengalir Sungai Konto.

Hingga Selasa 18 Februari 2014 malam, ratusan warga Desa Darmawulan dan desa lain yang berada disekitar Sungai Konto masih siaga jika terjadi luapan.

Sementara warga Desa Ngoro, Jombang, Jawa Timur berhamburan keluar rumah begitu diberitahu lahar dingin Gunung Kelud akan melewati Sungai Konto. Bahkan, warga yang tinggal di pinggir sungai sempat panik khawatir Sungai Konto meluap dan lahar dingin akan merendam permukiman mereka.

Sejumlah polisi bersama relawan mengingatkan ratusan warga yang berada di luar rumah agar menjauhi tanggul Sungai Konto karena bisa membahayakan saat lahar dingin turun. (Nfs/Ado)

Baca juga:

2 Penambang Pasir Terjebak Banjir Lahar Dingin Gunung Kelud
Lahar Dingin Kelud, Ruas Jalan Kediri Menuju Malang Terputus
[VIDEO] Derasnya Banjir Lahar Dingin Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini