Din Syamsuddin Gantikan Alm Sahal Mahfudz Jadi Ketua Umum MUI

Oleh Muhammad Ali pada 18 Feb 2014, 23:10 WIB
Diperbarui 18 Feb 2014, 23:10 WIB
din-syamsudin-140131b.jpg
Perbesar
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan Prof. Dr. Din Syamsuddin sebagai ketua umum yang baru, menggantikan ketua umum sebelumnya KH Sahal Mahfudz yang meninggal dunia pada Jumat 24 Januari 2014.

Din ditetapkan pada rapat pimpinan MUI yang juga menetapkan Ma’ruf Amin sebagai Wakil Ketua Umum MUI. Sebelumnya Ma'ruf menempati posisi Ketua MUI Bidang Fatwa.

"Ditetapkan sejak hari ini melalui hasil rapat pengurus, nanti dikukuhkan dalam rapat pleno," kata Ma’ruf saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (18/2/2014) malam.

Menurut Ma’ruf, keputusan rapat pimpinan MUI terkait struktur kepengurusan yang baru itu sudah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) MUI.

"Memang aturannya begitu, bila ketua umum berhalangan atau meninggal dunia, maka yang bisa menggantikan adalah wakil ketua umum," ujarnya.

Hasil rapat ini, kata dia, akan diplenokan dan dibuat keputusan rapat secepatnya. Namun kata dia, secara definitif mulai Selasa 18 Februari 2014 Ketua Umum MUI baru adalah Din Syamsuddin. (Ado)

Baca juga:

[VIDEO] Salat Berhadiah di Bengkulu, MUI: Islam Tak Mengajarkan
[VIDEO] MUI Kecam Kekerasan Ustad Hariri Saat Ceramah
[VIDEO] Pro-Kontra Salat Jamaah Berhadiah di Bengkulu
Salat Berhadiah Haji, Ribuan Warga Bengkulu Penuhi Masjid
Rajin Salat Zuhur, Warga Bengkulu Diganjar Naik Haji Gratis

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya